Sukses

Amankah Sepeda Motor Pakai Kanopi Penangkal Hujan?

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya jas hujan, pengendara sepeda motor juga bisa terlindungi dari guyuran air hujan dengan cara menggunakan 'payung'.

Namun payung yang satu ini tidak hanya melingkar di atas kepala, melainkan mirip sebuah kanopi, sehingga melindungi pengemudi dan penumpang dari depan hingga belakang.

Setidaknya inovasi payung yang digunakan khusus sepeda motor tersebut sudah dapat dibeli di sejumlah toko online.

Meski terkesan nyeleneh, namun ternyata saat musim hujan seperti ini payung tersebut cukup dicari dan membuat pengendara sepeda motor penasaran.

Lalu apakah payung tersebut aman digunakan?

Menurut Chief Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, penggunaan payung atau kanopi pada sepeda motor seperti yang saat ini beredar ada syaratnya.

Untuk kecepatan 40 km/jam ke bawah dan tidak ada badai sih masih oke,” ucap Jusri kepada Liputan6.com, Rabu (20/12/2017).

Namun lanjut dia, jika sepeda motor dibejek dengan kecepatan di atas kecepatan 40 km/jam, dan juga hujan disertai angin kencang, makal hal itu beresiko motor hilang kendali.

 

1 dari 2 halaman

Payung Sepeda Motor, Cocok untuk Emak-Emak Antar Anak ke Sekolah

Hujan memang bukan halangan untuk tetap beraktifitas. Terlebih bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan hanya mengandalkan sepeda motor sebagai armada transportasi.

Ternyata ada juga cara yang cukup praktis agar mobilitas di saat musim hujan seperti saat ini tidak menjadi halangan.

Ya, ternyata sepeda motor juga bisa menggunakan payung. Namun payung yang satu ini tidak seperti umumnya, yang kita gunakan sehari-hari.

Sebaliknya, payung ini bisa menutupi pengendara sekaligus sepeda motor dari terpaan hujan. Bahkan, bentuknya seperti terpal atau kanopi yang menggunakan bahan plastik warna bening.

Dengan begitu, pengendara juga tetap dapat melihat langsung jarak pandang ke depan. Dengan payung ini pengendara tak perlu menggunakan jas hujan.

Untuk mendapatkannya cukup mudah, salah satu akun jual beli @bukalapak menjual dengan banderol beragam, mulai dari Rp 250 ribu sampai RP 350 ribu.

Dengan menggunakan payung ini, selain pengendara, penumpang belakang juga bisa terhindari dari hujan. Bahkan, bisa juga digunakan untuk emak-emak saat mengantar anak ke sekolah.

Kendati begitu, belum diketahui apakah payung ini memenuhi unsur keselamatan. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi dalam sebuah sepeda motor, terutama standar keselamatan. Apakah payung ini mengganggu aerodinamika yang bisa membuat sepeda motor oleh ketika melaju.