Sukses

Solusi Otomotif: Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas, Bolehkah?

Saya punya dua pertanyaan:1. Apakah tepat jika mengatasi rantai motor yang kering dengan melumasi oli bekas yang telah terpakai?2. Bolehkah menyemprotkan angin ke dalam tempat oli pada mesin motor saat melakukan penggantian oli berkala, yang dimaksudkan untuk membersihkan tempat oli pada mesin? Jika tidak maka bagaimana metode penggantian oli yang tepat?--Arrizal Faizin-- Batu Aji, Batam

Liputan6.com, Jakarta Dear Arrizal,Berikut jawabannya:

1. Kurang tepat karena memberikan atau melumasi rantai yang kering dengan oli bekas justru akan memperpendek usia rantai, dikarenakan oli bekas sudah tercampur dengan kotoran dari gesekan part-part di mesin.

2. Untuk menyemprotkan angin melalui lubang masukan oli mesin, pastikan angin yang keluar dari kompresor terlebih dahulu sudah tersaring (filter). Sehingga, angin yang keluar dari kompresor tidak mengandung kadar air. Jika angin yang bercampur dengan air masuk ke dalam mesin maka akan memengaruhi performa mesin.

Kemudian agar sisa-sisa oli keluar lebih optimal dapat dilakukan dengan menggunakan kick stater. Caranya dengan memosisikan kunci kontak di posisi off, kemudian lakukan kick stater sebanyak 2-3 kali. Sampai oli di dalam mesin tidak keluar lagi.Demikian informasi saya, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Salam,

Venus Adha 

Dapatkan kesempatan meraih apparel menarik dengan mengirimkan pertanyaan mengenai sepeda motor ke otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject: SOLUSI OTOMOTIF

Nama:

Usia:

Lokasi:

Pertanyaan:

Nomor Telepon:

Alamat Lengkap:

Hanya pertanyaan terpilih yang akan mendapat hadiah menarik dan kami tayangkan. Pertanyaan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Kata Siapa Chain Lube Cuma untuk Rantai? Ini Manfaat Lainnya

Chain lube pada dasarnya adalah cairan yang dimaksudkan agar rantai tidak cepat aus. Cara penggunaannya yang disemprot memungkinkan cairan ini menembus hingga bagian terkecil rantai.

Namun, siapa sangka ternyata manfaat chain lube bukan hanya itu? Chain lube tidak hanya untuk rantai, namun juga komponen lain pada motor. Manfaatnya sama, yaitu agar komponen-komponen ini tidak cepat aus dan licin kala terkena gesekan.

"Ini banyak yang tidak tahu. Chain lube itu juga bisa untuk bagian lain. Dari mulai tali kopling, kabel gas, as rem, sambungan rem belakang, operan gigi," ujar Reki Suhendra, mekanik sekaligus saudara pemilik bengkel L12 di bengkelnya yang ada di kawasan Depok, kepada Liputan6.com beberapa hari yang lalu.

Pria yang telah menggeluti bidang bengkel sejak 1990an ini menambahkan, khusus pada sepeda motor Yamaha Scorpio, chain lube juga bisa dipakai di arm relay (bagian bawah suspensi belakang). Bengkel L12 sendiri memang bengkel yang khusus melayani Yamaha Scorpio, meski tidak menolak jika ada model lain yang ingin diperbaiki.

"Intinya chain lube itu di komponen-komponen penghubung yang mobile (bergerak). Agar tidak cepat aus atau berkarat," tambahnya.

Chain lube lebih direkomendasikan dibanding, misalnya, oli bekas. Pasalnya, oli bekas telah mengandung sejumlah kotoran yang justru dapat berbahaya jika dilumasi pada komponen-komponen sepeda motor. "Direkomendasikan chain lube, jangan yang lain, karena di sana ada pelumasnya," tambah Reki.

Perlu digarisbawahi, penggunaan chain lube bukan berarti membuat komponen lebih awet. Namun agar komponen yang bergerak ini lebih leluasa saja. Dan pada akhirnya, kenyamanan berkendara juga bisa lebih baik.

Reki menyarankan agar hal ini dilakukan secara rutin. "Minimal dilakukan habis motor dicuci, jangan sedikit-sedikit ke bengkel," tutupnya.

Artikel Selanjutnya
Top 3: 5 Penyebab Mobil Boros dan Motor Matik Rusak
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Ditolak Kredit dan Kebiasaan Boros BBM