Sukses

Volkswagen Perluas Penjualan di Pasar Cina

Liputan6.com, Virginia: Produsen mobil Volkswagen AG yang tengah mengembangkan produksi sedan kelas menengah untuk pelanggan di Amerika Serikat juga akan diperluas penjualannya ke pasar Cina dalam upaya untuk meraih gelar penjual otomotif terbesar di dunia. Model sedan yang akan dijual dengan harga sekitar US $ 20.000 (Rp. 178 juta) ini akan mulai masuk produksi di pabrik baru VW di Chattanooga, Tennese, dan dijual di AS pada semester kedua tahun 2011.

"Kami akan melihat permintaan mobil ini tumbuh di negara-negara lain seperti Cina. Pola produksi kami memungkinkan kita untuk mentransfer kendaraan dari satu pabrik ke yang lainnya dengan biaya yang relatif rendah," kata Ulrich Hackenberg, kepala pengembangan merek Volkswagen.

VW, yang bertujuan untuk mengungguli Toyota Motor dalam penjualan dan profitabilitas, akan mengandalkan pasar Cina untuk memenuhi tujuan meningkatkan pengiriman global sebanyak 10 juta unit pada tahun 2018. VW juga mengumumkan penambahan dua pabrik di Cina tahun ini untuk meningkatkan dua kali lipat jumlah produksi di pasar VW terbesar yang mencapai 3 juta unit mobil dalam waktu empat tahun.

Produsen mobil terbesar di Eropa ini berencana untuk berinvestasi sebanyak US $ 8,3 miliar di Cina untuk ekspansi dan menambahkan model baru. Penjualan VW di Cina melonjak sebanyak 41 persen menjadi 1,29 juta unit mobil sampai Agustus. Hackenberg juga mengatakan, pasar mobil di Cina diprediksikan akan tumbuh 52 persen terhadap penjualan tahunan yang sebanyak 19,2 juta unit dalam delapan tahun ke depan.(autonews/AYB)