Sukses

Kolaborasi Tata Motors dan Volkswagen Tinggal Ketuk Palu

Tata Motors dan Volkswagen (VW) Group akan berkolaborasi. Perjanjian kerjasama akan diumumkan di pameran otomotif Jenewa.

Liputan6.com, Mumbai - Tata Motors dan Volkswagen (VW) Group sedang merampungkan perjanjian kerjasama. Kolaborasi antara pabrikan India dan Jerman itu disebut akan berdampak luas pada pasar India dan negara berkembang lain.

Melansir India Times, Rabu (22/2/2017), lima orang yang dekat dengan isu mengatakan bahwa kemungkinan keduanya akan membuat perusahaan patungan (joint-venture) atau sebatas berbagi teknologi saja. Bentuk spesifik kerja sama masih dibicarakan.

"Idenya sederhana, untuk berbagi arsitektur dan kapasitas produksi, serta membawa kembali investasi. Kedua perusahaan tidak memiliki solusi keterbatasan finansial, sehingga kemitraan adalah satu-satunya jalan keluar," ujar sumber.

Mereka mengatakan bahwa kemungkinan pengumuman resmi akan dilaksanakan di Geneva International Motor Show, Maret nanti.

Lebih lanjut, menurut salah satu narasumber anonim itu, pembicaraan yang paling intensif adalah tentang berbagi arsitektur kendaraan dan teknologi. Keduanya melihat kemungkinan platform MQB A0 milik VW dapat digunakan Tata Motors.

Sayangnya pernyataan sumber anonim itu tidak ditanggapi secara resmi oleh VW dan Tata Motors. Tata Motors misalnya, hanya mengatakan akan tetap berinovasi.

Kolaborasi antara Tata Motors dan VW sebetulnya telah tercium sejak Juli tahun lalu. Saat itu disebutkan bahwa jenama beda benua ini sedang mencari kemungkinan membuat mobil kompak bersama. Mobil ini akan dijual di negara berkembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.