Sukses

Rossi Apresiasi Pengembangan Yamaha YZR-M1

Liputan6.com, Sepang - Valentino Rossi untuk pertama kalinya menjajal Yamaha YZR-M1 yang akan ia gunakan pada MotoGP tahun ini, di Sepang, Malaysia, Senin (30/1) kemarin. Menurutnya, dibanding prototipe 2016, motor ini sudah lebih baik.

"Untungnya lebih baik. Hari ini menarik karena untuk pertama kalinya kami mencoba motor asli, motor saya, yang akan digunakan di sepanjang musim balap," ujar Rossi setelah melakukan uji coba, dikutip dari crash.net, Selasa (31/1/2017).

Menurut Rossi, Movistar Yamaha memang telah bekerja keras, terutama di sektor mesin serta elektronik. Sementara sasis yang dipakai dalam tes privat itu masih sama dengan tahun lalu. Mereka baru akan menggunakan sasis baru pada uji coba selanjutnya.

Dalam hal mesin, menurut Rossi peningkatannya cukup maksimal, termasuk dalam hal kecepatan dan akselerasi. "Hari ini, sentuhan pertama, perasaan saya baik. Kami punya kecepatan dan akselerasi yang baik," aku legenda hidup MotoGP ini.

Yamaha tidak menginformasikan lebih spesifik tentang apa yang mereka lakukan terhadap sektor mesin. Beberapa sumber menyebut bahwa perubahan dapat membuat tenaga bertambah, di mana motor tahun lalu saja mesinnya sudah lebih dari 240 Tk.

Pada akhirnya, Rossi mengaku terkejut dengan apa yang telah dilakukan timnya. "Kami tidak pernah tahu banyak dari Yamaha, tapi kemarin saat kami lihat motornya, kami bisa lihat mereka telah melakukan pekerjaan yang baik," tutup Rossi.

Sebagai tambahan, Yamaha YZR-M1 baru ini pertama kali diperkenalkan di Madrid, Spanyol, 19 Januari kemarin. Perubahannya tidak terlalu signifikan, baik dalam hal livery, atau desain fairing. Spesifikasi lengkap sampai saat ini juga belum tersedia.