Sukses

Toyota Etios Valco Bakal Diganti Model Crossover?

Penghentian produksi Etios Valco ini terkait dengan kehadiran Etios Cross?

Liputan6.com, Jakarta - Pamor Etios Valco rupanya semakin tegerus dengan hadirnya mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) seperti Agya maupun Calya. Bahkan disebutkan, produksi secara lokal city car yang lahir pada 2013 itu akan dihentikan.

Namun bukan Toyota namanya jika tak punya strategi lain. Bahkan Executive General Manager Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto menyatakan, Toyota akan kembali menghadirkan mobil baru.

"Bisa dari produk yang ada kami rubah, bisa juga baru lagi. Tunggu aja, pasti ada," ujar Soerjo saat ditemui wartawan di kawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu, (30/11).

Kabarnya, penghentian produksi Etios Valco ini terkait dengan kehadiran Etios Cross, yang merupakan versi modifikasi Etios dengan gaya crossover.

Ya, ubahan yang diaplikasikan pada Etios Cross meliputi grill dan penambahan roof rails. Tak luput, mobil ini juga mengalami peningkatan dimensi dibanding versi standar. 

Lantas, apakah Etios Cross yang sudah diniagakan di India dan Brasil bakal masuk Indonesia? Menurut Soerjo mobil itu tak akan masuk ke pasar nasional. 

Berdasarkan riset yang Toyota lakukan, Soerjo menjelaskan bahwa karakteristik konsumen Indonesia itu terbagi dalam dua kategori yaitu first buyer dan additional.

"Kalau crossover lebih ke additional. Makanya kami siapkan Yaris Heykers, bukan Etios atau Agya. Kalau first buyer lebih suka ke MPV car, kami siapkan Calya,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini