Sukses

Inilah Rapor Penjualan Etios Valco di Indonesia

Nasib Etios Valco rupanya tak semujur model mobil Toyota yang lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Nasib Etios Valco rupanya tak semujur model mobil Toyota yang lainnya. Sebab, city car dengan kapasitas lima penumpang dinyatakan sudah tak akan lagi diproduksi di pabrik Toyota yang ada di Indonesia.

Artinya, mobil yang dibuat di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat sejak 2013 itu untuk tahun depan tak lagi dijual. Jika masih ada, kemungkinan mobil tersebut akan diekspor dari India.

Namun Executive General Manager Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto‎ menyatakan konsumen yang membeli Etios Valco tak perlu khawatir soal suku cadang.

"Jangankan Etios Valco, mobil lainnya yang tak lagi dibuat juga kami masih sediakan suku cadanganya," ujar Soerjo dikawasan Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu, (30/11/2016).

Soerjo menegaskan, Etios Valco sudah diberhentikan produksinya per November, baik yang dipasarkan untuk model passenger maupun komersil seperi taksi. Ia menampik keputusan ini terkait buruknya penjualan mobil itu. 

Jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Etios memang ditujukan bagi kebutuhan passenger dengan model hatchback dan taksi dengan bentuk sedan.

Untuk model passenger, selama Januari-Oktober 2016, Etios hanya membukukan penjualan 3.138 unit. Angka tersebut lebih sedikit dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang mencapai 4.558 unit.

Sedangkan untuk pasar taksi, Etios Valco penjualannya tak sebesar model Toyota Limo. Selama Januari-Oktober 2016 Toyota Etios hanya terjual 956 unit. Sedangkan periode yang sama di tahun lalu sebanyak 1.224 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini