Sukses

Beli Toyota Calya dengan Cicilan Rp 1 Jutaan? Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Calya jadi mobil baru yang mulai naik daun karena menawarkan kapasitas angkut hingga 7-penumpang, dengan harga yang relatif terjangkau.

Tenaga penjualan pun mengambil momentum. Mereka menyediakan program pembelian Toyota Calua dengan tenor panjang hingga cicilan murah. 

"Tenor paling lama lima tahun, kami pakai leasing Astra. Tenor 60 bulan termasuk asuransi all risk dari asuransi Astra," kata Dwi Saputra, tenaga penjualan di Auto2000 Saharjo kepada Liputan6.com.

Dwi mencontohkan, konsumen yang ingin membeli Calya tipe E (AT) seharga Rp 145,45 bisa dicicil Rp 3,52 juta untuk tenor 60 bulan. Sementara uang muka untuk kredit selama lima tahun sebesar Rp 31,49 juta.

"Untuk cicilan di bawah 1 juta juga bisa. Itu ada hitungannya sendiri," lanjutnya.

Menurut perhitungan Liputan6.com dari simulasi kredit pembeli Calya tipe E (AT) bisa membayar angsuran sebesar Rp 1,01 juta untuk tenor selama tiga tahun atau 36 bulan. Syaratnya, pembayaran uang muka mencapai 75 persen dari harga atau Rp 109.087.500.

Sementara itu, mengacu dari perhitungan minimum uang muka yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 20-25 persen dari harga kendaraan. Dengan kata lain pembeli harus menyiapkan dana setidaknya Rp 29,09 juta untuk membayar uang muka dari harga Rp 145,45 juta.