Sukses

Pengendara Paling Tidak Suka Kota Bogor, Bukan Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Bicara soal ketidakpuasan saat berkendara, tentu tidak lepas dari Jakarta, Ibukota Indonesia. Bagaimana tidak, kemacetan begitu parah, apalagi di jam-jam pergi dan pulang kantor.

Meski demikian, ternyata Jakarta bukanlah kota yang paling tidak disukai oleh pengendara. Kota yang paling tidak menyenangkan justru ada di selatan Jakarta. Ya, dari semua kota di Indonesia, Bogor adalah kota yang paling tidak menyenangkan.

Ini adalah hasil survei yang dikeluarkan aplikasi navigasi Waze. Waze Driver Satisfaction Index ini didapat dari hasil analisa terhadap pengalaman berkendara dari pengguna aktif yang berasal dari 186 kota di dunia.

Indeks ini hanya memasukkan negara dan kota besar yang jumlah pengguna aktifnya lebih dari 20 ribu per bulan. Sementara total pengguna Waze sendiri di seluruh dunia mencapai angka 65 juta pengguna.

Driver Satisfaction Index mengukur enam atribut, di antaranya adalah traffic rating dan road safety rating. Atribut tersebut dikonversi ke dalam angka 1-10, dimana semakin besar angkanya, maka kepuasannya semakin besar.

Dari data tersebut, diketahui bahwa Bogor menempati posisi 185, atau terdua ke bawah di atas Cebu, Filipina. Jakarta sendiri ada di posisi 178.

Kota-kota besar di Indonesia lain yang masuk dalam indeks di antaranya adalah Semarang dan Malang. Total ada 9 kota, di mana semuanya ada di posisi bawah. Berikut daftar kota dengan indeks kepuasan berkendara selengkapnya:

-Semarang, posisi 145
-Malang, posisi 146
-Yogyakarta, posisi 150
-Medan, posisi 168
-Jakarta, posisi 178
-Surabaya, posisi 181
-Bandung, posisi 182
-Denpasar, posisi 183
-Bogor, posisi 185

Data lengkap Waze Driver Satisfaction Index bisa dilihat di sini.

Menjajal Skatepark di Kolong Jembatan Slipi

Tutup Video