Sukses

Motor Gede Disulap Jadi Ambulans

NABB menawarkan bantuan secara cuma-cuma, kepada rumah sakit.

Liputan6.com, London - Kegiatan yang dilakukan komunitas pengguna motor gede (moge) tidak selamanya hanya hura-hura. Klub Nationwide Association of Blood Bikes menjalankan misi kemanusiaan sebagai 'ambulans'.

Blood Bikers ini serupa komunitas motor pada umumnya, yang rutin melakukan kopi darat di Irlandia, Australia, dan Kanada. Komunitas ini di Inggris beranggotakan 1.733 orang dari 27 daerah.

Dilansir Autoevolution, NABB menawarkan bantuan secara cuma-cuma, dengan membantu rumah sakit di daerahnya mengirim peralatan medis dengan motor mereka sendiri.

Komunitas Blood Bikers ini membawa segala keperluan pengobatan dan kesehatan seperti darah, air susu ibu, obat-obatan, alat bedah, hingga berikut vaksin.

Anggota komunitas telah mendapat pelatihan khusus serta segala aksesoris pada motor untuk menjalankan misi. Mereka diperbolehkan memakai sirine atau lampu rotator saat mengirim barang yang harus tiba di tujuan dalam waktu singkat.

Aksi kemanusiaan anggota Blood Bikers memudahkan rumah sakit saat akan mengirim perlengkapan medis mendadak, seperti saat akhir pekan, malam hari, atau masa liburan. Biasanya, rumah sakit meminta bantuan kurir yang menumpang taksi, menghubungi polisi, atau memakai ambulans saat mengirim barang-barang medis.

Pada 2014 lalu Blood Bikers telah menyelesaikan lebih dari 39 ribu misi, sementara di tahun berikutnya sebanyak 32.768 misi. Perjalanan terjauh yang mereka lalui yaitu dari Dumfries and Galloway Royal Infirmary di Skotlandia menuju Charing Cross Hospital di London, bolak-balik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini