Sukses

Satria F150 Cepat Panas, Apa Solusinya?

Mengapa Suzuki Satria F150 cepat panas jika dikendarai dengan kecepatan rendah?

Liputan6.com, Depok - Pemilik Suzuki Satria F150 pasti pernah merasakan mesin tunggangannya terasa begitu cepat panas, sampai-sampai terasa di kaki. Hal ini biasanya terjadi saat kendaraan melaju dengan kecepatan rendah atau saat macet-macetan.

Supriyadi, mekanik dari Mahkota Inti Sejahtera, dealer resmi Suzuki Indonesia yang berada di Margonda, Depok, mengatakan bahwa hal ini tidak terlepas dari sistem pendingin F150 yang mengandalkan aliran udara.

"Iya benar cepat panas. Karena sistem pendinginnya bergantung pada aliran udara yang masuk ke sirip oil cooler. Sehingga kalau pelan, tiupan udara berkurang dan suhu mesin cepat panas," ujarnya kepada Liputan6.com.

Supriyadi menambahkan, hal ini juga berlaku untuk sepeda motor lain. "Mau motor apapun pasti butuh pendinginan. Sirkulasi udara mesti lancar," tambahnya.

Untuk diketahui, fungsi oli cooler memang untuk menjaga suhu oli saat mesin panas. Oil cooler ini menjangkau seluruh mesin, dan melewati celah antara piston dengan dinding silinder.

Untuk mengatasi masalah ini, tentu F150 tidak boleh dikendarai dengan kecepatan rendah. Kalaupun memang terpaksa, misalnya saat kondisi macet, maka solusinya tetap menggunakan di oli yang tepat.

"Solusinya tergantung oli juga. Kalau untuk Satria F150 rekomendasi pabrikan memang yang SAE 10-40. Itu lebih encer," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.