Sukses

Mobil Ramah Lingkungan Sudah Terjual 1 Juta Unit di Dunia

Liputan6.com, Los Angeles - Mobil ramah lingkungan, baik yang bertenaga listrik maupun berteknologi hybrid, tercatat sudah beredar di muka bumi sebanyak lebih dari 1 juta unit.

Melansir Hybridcars, Senin (21/9/2015), sekitar 62 persen dari kendaraan tersebut merupakan mobil listrik bertenaga baterai. Sementara sisanya merupakan mobil hibrida atau mobil dengan percampuran antara mesin bensin dan motor listrik.

Mobil ramah lingkungan seperti ini sebetulnya telah ada, bahkan sejak satu dekade yang lalu. Namun, mobil jenis ini baru mulai merangkak penjualannya sekitar lima tahun belakangan dan sejak saat itu penjualannya terus meroket.

Pada Juli 2014, tercatat penjualan mobil ramah lingkungan mencapai angka 500.000. Pada Desember 2014, jumlahnya naik menjadi 712.000. Dalam tempo sembilan bulan, hampir 300.000 unit lagi terjual.

Dari jumlah tersebut, penjualan tertinggi berasal dari Amerika Serikat (AS), yaitu sekitar sepertiganya. Sementara itu, Tiongkok dan Jepang mencatatkan angka 15 dan 12 persen.

Untuk modelnya sendiri, tercatat Nissan Leaf yang terjual paling banyak, yaitu hampir 200.000 unit. Sementara di posisi kedua dan ketiga adalah Chevrolet Volt dan Tesla Model S yang masing-masing terjual hampir 100.000 dan 85.000

Ke depan, menurut sumber yang sama, proyeksi mobil ramah lingkungan seperti ini akan semakin cerah. Apalagi, dengan semakin ketatnya pengaturan emisi, model-model anyar, serta tumbuhnya kesadaran konsumen.

(Rio/Sts/Sar)