Sukses

Spesifikasi Lengkap Mobil Formula Besutan Mahasiswa ITS Surabaya

Mobil formula ini memiliki dimensi panjang 2,8 meter, lebar 1,4 meter, dan tinggi 1,3 meter.

Liputan6.com, Surabaya - Setelah keberhasilan Formula Sapu Angin Speed I (SAS I) generasi pertama yang suksese meraih Best Rookie Award (penghargaan pendatang baru terbaik) pada kompetisi Student Formula Japan (SFJ) 2013 lalu, tim Sapu Angin (SA) ITS kembali mengembangkan mobil formua generasi ketiga, Sapu Angin Speed.

Dijelaskan, Sapung Angin Speed III merupakan proyek mobil formula yang didedikasikan untuk berlaga di ajang Student Formula Japan (SFJ). Tahun ini, ITS yang mengandalkan Sapu Angin Speed III bakal berkompetisi pada 1-5 September 2015 di Ogasayama Sport Park, Shizuoka, Japan.

Mobil formula ini memiliki dimensi panjang 2,8 meter, lebar 1,4 meter, dan tinggi 1,3 meter. Untuk jantung mekanisnya, mobil punya mesin satu silinder Husaberg FE 450 cc. Kapasitas tangki bahan bakar mobil ini adalah 8 liter.

SAS III merupakan proyek mobil formula yang dibuat sendiri oleh mahasiswa ITS. ‎Sebelumnya, mahasiswa ITS juga keberhasilan membuat mobil Formula Sapu Angin Speed I (SAS I) generasi pertama dengan meraih Best Rookie Award (penghargaan pendatang baru terbaik) pada kompetisi Student Formula Japan (SFJ) tahun 2013 lalu dan dilanjutkan juga meningkatnya peringkat Sapu Angin Speed II pada kompetisi SFJ 2014.

Berikut spesifikasi lengkap Mobil Sapu Angin Speed III :

Panjangxlebarxtinggi : 2,8x1,4x1,3 meter
Engine : Husaberg FE 450cc (Single Cylinder)
Body : Fiberglass, Frame with Under Tray
Chassis : Space Frame AISI 1020 Tube
Steering : Rack and Pinion
Seat Belt : Sparco Harness 6 Point
Fuel Tank : 8 Litre
Wheelbase : 1.6 Meter
Track Width : 1.3 Meter
Rim Tyres : 13 Inch
Fuel System : Fuel Injection with Iquteche Fuel Adjuster
Brake : Front Nissin 2 piston, Rear Nissin 1 Piston 
Transmission : Chain and Drive with Limited Slip Differential.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini