Sukses

Walikota Risma Resmikan Formula Sapu Angin Speed III Karya ITS

SAS III merupakan proyek mobil formula yang dibuat sendiri oleh mahasiswa ITS.

Liputan6.com, Surabaya - Walikota Surabaya Tri Rismahari bersama Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Jony Hermawan serta Konjen Jepang Yoshiharu Kato‎ meresmikan mobil Formula Sapu Angin Speed III (SAS III) yang akan berlaga pada ajang Student Formula Japan (SFJ) pada 1-5 September 2015 mendatang.

Walikota Risma mengatakan bahwa Pemerintah Kota Surabaya selalu mendukung teman-teman Sapu Angin untuk berlaga dikanca Internasional.

"Saya yakin kalau suatu saat kalau ini tidak putus asa maka kita suatu saat akan punya titik temu antara industri dan hasil penelitian," tutur Risma kepada wartawan di Surabaya, Minggu (16/8/2015)

Rektor ITS Jony ‎Hermawan mengatakan, ini adalah proses pembelajaran bagi mahasiswa. Bagaimana mereka melakukan proses pembuatan kendaraan. Karena yang dinilai itu bukan hanya soal kendaraannya bisa perform dengan bagus tapi dari mulai proses pembuatan sampai dengan jadi dan dilombakan itu diberikan penilaian.

"Ini merupakan proses pendidikan yang baik bagi mereka. Bagaimana semua sistem itu dilaporkan, direncanakan di dalam suatu dokumen yang terstruktur. Dan proses semacam ini tidak ada dibangku kuliah. Jadi kedepannya harus terus digalakkan, karena ini merupakan proses pembelajaran secara langsung bagi mereka," tandas Jony.

Untuk diketahui SAS III merupakan proyek mobil formula yang dibuat sendiri oleh mahasiswa ITS. ‎Sebelumnya, mahasiswa ITS juga keberhasilan membuat mobil Formula Sapu Angin Speed I (SAS I) generasi pertama dengan meraih Best Rookie Award (penghargaan pendatang baru terbaik) pada kompetisi Student Formula Japan (SFJ) tahun 2013 lalu dan dilanjutkan juga meningkatnya peringkat Sapu Angin Speed II pada kompetisi SFJ 2014.

SFJ 2015‎ merupakan kompetisi yang tidak mengacu pada race akhir, namun untuk menjadi pemenang peserta harus mendapatkan poin tertinggi dari beberapa penilaian, yaitu Static Events: Presentation 75, Engineering Design 150, Cost Analysis 100. Dan, Dynamic Events: Acceleration 75, Skid-Pad 50, Autocross 150, Efficiency 100, Endurance 300. Dengan ‎Total Points 1,000. 

(gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini