Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Smartphone Anda Cepat Panas? Chevrolet Punya Solusinya

Liputan6.com, Detroit - Saat ini, teknologi mobil terbaru memungkinkan smartphone berkomunikasi secara wireless dengan beragam teknologi pada dashboard. Tidak jarang, karena terus digunakan, smartphone pun akan kepanasan.

Melihat masalah itu, Chevrolet memperkenalkan sistem Active Phone Cooling yang mampu cegah smartphone overheat atau kepanasan. Teknologi ini diperkenalkan mereka pada model Cruze, Impala, Malibu, dan Volt 2016.

Melansir Worldcarfans, sistem ini menggunakan ventilasi udara untuk mengirim udara sejuk atau dingin dalam tempat khusus ponsel yang berada tepat di depan tuas persneling. Posisi yang sangat terjangkau tangan pengemudi.

Menurut sumber yang sama, penemuan ini tidaklah dibuat bersamaan dengan rancanangan mobil. Ide ini muncul saat para engineer menguji mobil di iklim tropis. Menurut mereka, smartphone akan berhenti isi ulang atau mati dalam suhu tinggi.

Penemuan ini cukup penting. Apalagi, sebagaimana diketahui, overheating reguler pada smartphone dapat menyebabkan kerusakan permanen pada baterai lithium ion. Karena itu, smartphone baiknya tetap dalam keadaan sejuk.

"Inovasi bukan berarti menciptakan mobil baru," kata engineer Impala, Dan Lascu. "Kadang kesederhanaan menawarkan solusi yang paling elegan," tambahnya.

Sayangnya, tidak dijelaskan apakah teknologi ini juga dapat diinstalasi pada model lainnya atau model yang telah disebutkan tetapi bukan untuk tahun 2016 atau tidak.

(rio/gst)

Loading