Sukses

Duo Pebalap Yamaha Kenalkan Langsung YZF-R1 Terbaru

Pebalap tim Yamaha Factory Racing yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo memperkenalkan secara resmi YZF-R1 pada publik kota Milan.

Liputan6.com, Milan - Yamaha akhirnya secara resmi memperkenalkan generasi terbaru superbike andalannya yakni R1. Pada peluncuran YZF-R1 terbaru, Yamaha meminta pebalap tim Yamaha Factory Racing yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo untuk memperkenalkan secara resmi superbike tersebut pada publik di kota Milan.

Dikatakan, generasi terbaru Yamaha R1 hadir dengan tenaga yang lebih besar namun dengan bobot yang lebih ringan. Desain milik R1 terbaru ini menurut pernyataan resmi Yamaha sangat dipengaruhi oleh YZR-M1 yang digunakan pada ajang balap MotoGP terutama pada bagian intake udara.

Dilansir dari Visordown, Selasa (4/11/2014), YZF-R terbaru diklaim mampu menghasilkan output tenaga sebesar 200 horse power dengan bobot kini seberat 199 kilogram. Output tenaga milik R1 dikatakan Yamaha melonjak sebesar 18 HP dengan bobot berkurang seberat 7 kilogram dari model sebelumnya.

Berkat pengembangan tersebut, rasio power-to-weight milik R1 kini berada dalam kisaran 1 HP/kg yang menjadi salah satu sepeda motor sport dengan performa terbaik di pasaran.

Untuk memberi kenyamanan serta keamanan pengendara, beberapa fitur pada R1 pun turut ditingkatkan yang meliputi traksi kontrol serta antilock braking system (ABS). Sementara itu untuk menunjang performa maksimal pada sepeda motor, Yamaha pun tak luput meng-upgrade fitur standar yang ada pada R1 meliputi mode berkendara, perpindahan gigi yang lebih cepat, serta kontrol kemiringan.

Berbicara bobot, tentu tak luput dari rangka serta komponen terutama berbahan metal yang berdampak pada volume sepeda motor. Agar bobot dapat berkurang, Yamaha memodifikasi rangka deltabox pada R1 yang kini hadir dalam dimensi yang kompak sehingga jarak antar roda pun menjadi lebih pendek.

Komponen lainnya yang dimodifikasi antara lain tangki berbahan alumunium serta velg roda berbahan magnesium yang dicetak sehingga turut mengurangi bobot sepeda motor cukup signifikan.

YZF-R1 terbaru ini dibanderol Yamaha dengan harga mulai dari 15.500 poundsterling. Setelah diperkenalkan pada publik, Yamaha akan memamerkan YZF-R1 ini pada ajang EICMA Milan Motorcycle Show. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini