Sukses

Berusia Uzur, Inilah Kandidat Ferrari Termahal Sejagat

Hanya diproduksi sebanyak tiga buah, harga fantastis untuk menebus sebuah Ferrari GTB/C Speciale tersebut dianggap sepadan.

Liputan6.com, California - Mobil keluaran Ferrari terkenal dengan banderol harganya yang tak main-main. Walau bukan produksi terbaru, kuda jingkrak berusia hingga puluhan tahun ini malah semakin dihargai setinggi langit.

Dari sekian model, Ferrari GTB/C Speciale yang satu ini bisa dibilang jawaranya. Bagaimana tidak, mobil lansiran tahun 1965 itu sukses mencetak sejarah kala menyabet gelar sebagai mobil Ferrari termahal dunia.

Rencananya, mobil klasik bergen Italia tersebut akan dilelang di acara RM Auctions Moterey. Dihelat Agustus mendatang, diharapkan mobil akan terjual seharga US$ 34 juta atau setara Rp 394 miliar (estimasi kurs Rp 11.595 per dolar AS).

Taksiran ini mengalahkan Ferrari model 275 GTB/4 NART Spider yang sebelumnya laku US$ 27 juta pada 2013. Uniknya, harga gila tersebut dinilai masih wajar. Hal ini mengingat Ferrari GTB/C Speciale hanya diproduksi sebanyak tiga unit.

Adapun, mobil diproduksi untuk menandingi Ford GT40 dan Shelby Cobra Daytona di balapan Le Mans tahun 1965. Uniknya, mobil yang dilelang dengan nomor sasis 06701 itu sama sekali belum pernah mencicipi trek balap. Prestasi justru dicetak oleh mobil serupa yang sukses naik podium di posisi ketiga pada ajang 24 Hours of Le Mans pada 1965. 

Untuk diketahui, Ferrari 275 GTB/C Speciale dikemas dengan bodi ringan alumunium dan sasis ringan dengan suspensi independen pada bagian belakang. Menilik ruang pacu, mobil legendaris tersebut disokong mesin V12 3,3 liter dengan enam karburator. Mesin ini sanggup memproduksi tenaga sebesar 320 PS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini