Sukses

Tips Mudik: Mengatasi Embun di Headlamp Saat Perjalanan

Embun pada kaca bagian dalam headlamp terjadi karena adanya perbedaan suhu antara permukaan di luar dan dalam lampu.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah menemui lampu depan anda berembun? Peristiwa ini lazim terjadi di cuaca yang kurang baik. Embun pada kaca headlamp bagian dalam umumnya terjadi kala mobil dibawa berkendara melewati daerah yang turun hujan. Hal lain, kejadian serupa juga kerap ditemui kala mobil selesai dicuci akibat kondisi permukaan luar reflektor lampu yang dingin dan lembab.

Pasalnya, pada saat menyalakan lampu depan, suhu di dalam headlamp meningkat hingga 200 derajat Celcius, sementara suhu di luar headlamp terbilang dingin. Karena perbedaan suhu yang besar di bagian luar dan dalam headlamp itu, kaca permukaan bagian dalam headlamp pun menjadi berembun.

Akibatnya, embun pada permukaan kaca membuat intensitas sorot lampu menjadi kurang terang. Hal ini tentu mengurangi kemanan kala Anda berkendara di jalan yang gelap. Sebenarnya, tak terlalu sulit untuk menghilangkan embun pada headlamp. Hal ini bukan merupakan atau akibat kerusakan pada headlamp atau cacat produksi.

Berikut adalah langkah sederhana untuk mengatasi headlamp yang berembun, dirangkum dari berbagai sumber oleh liputan6.com: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Nyalakan Lampu Depan Selama Kurang Lebih 30 Menit

1. Nyalakan lampu depan selama kurang lebih 30 menit

Mengeringkan headlamp, usahakan kendaraan dalam kondisi berhenti. Kondisi mobil yang terus berjalan di tengah cuaca buruk tak akan banyak membantu proses pengeringan.

Saat lampu dinyalakan, Anda harus memperhatikan faktor sirkulasi udara di dalam reflektor hadlamp dan desain reflektor. Pengembunan di sudut-sudut lampu biasanya memakan waktu lebih lama dibanding bagian lain.

3 dari 4 halaman

2. Hentikan Kendaraan di Lokasi dengan Suhu Hangat dan Terang

2. Hentikan kendaraan di lokasi dengan suhu hangat atau tempat terang

Untuk mempercepat proses pengeringan embun pada sudut-sudut lampu, baiknya dilakukan di tempat dengan suhu yang lebih hangat. Jika Anda sulit menemukan lokasi tersebut, Anda juga dapat berhenti di tempat yang terang atau banyak lampu.

Porses pengeringan dimulai pada area lampu yang dekat dengan bohlam. Area tersebut menjadi daerah yang paling hangat dan mampu menyerap kelembaban udara. Proses ini akan merambat ke sisi luar dan diakhiri pada sudut-sudut headlamp.

4 dari 4 halaman

3. Periksakan ke Bengkel Jika Bekas Embun Meninggalkan Noda

3. Bawa ke bengkel langganan apabila bekas embun meninggalkan noda

Terkadang, di headlamp bagian dalam turut tertinggal debu-debu halus yang tak kasat mata. Saat terjadi pengembunan, biasanya air bercampur dan meninggalkan bercak-bercak di bagian dalam headlamp.

Apabila bercak-bercak tersebut cukup nampak, sebaiknya anda bawa ke bengkel langganan atau spesialis reflektor. Di sana, Anda dapat melakukan pengecekan dan pembersihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini