Sukses

Tips Mudik: Berkendara Aman dan Nyaman dengan Motor

Liputan6.com, Jakarta - Sulitnya mendapatkan tiket kereta api dan bus turut membuat tiket pesawat melambung tinggi. Hal ini membuat sebagian orang memilih sepeda motor. Meskipun beresiko, pilihan mudik dengan sepeda motor masih dianggap lebih hemat dan cepat.

Jika Anda termasuk pemudik yang berkendara dengan sepeda motor, berikut beberapa tips ringan dari Liputan6.com yang dirangkum dari berbagai sumber:

2 dari 4 halaman

1. Persiapkan Kondisi Motor

1. Persiapkan Kondisi Motor

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, alangkah baiknya kondisi sepeda motor dalam kondisi prima. Sebaiknya, kunjungi bengkel langganan Anda untuk mempersiapkan sepeda motor dalam menempuh perjalanan panjang.

Saat melakukan tune up, mintalah bengkel untuk menyetel mesin sesuai kondisi medan yang akan dilalui. Jangan lupa, turut ganti oli motor Anda agar mesin terjaga dalam kondisi prima.

Tak hanya fokus pada persiapan mesin, jangan lupa turut memeriksa komponen vital lain, seperti bearing roda, velg, rantai, gir, serta kanvas rem, baik depan ataupun belakang. Apabila salah satu komponen tersebut bermasalah, segeralah ganti dengan yang baru agar perjalanan Anda tetap aman.

Tak lupa, periksalah kembangan ban, karena ban yang lapisannya tipis atau botak mempengaruhi kenyamanan dan pengendalian sepeda motor. Bila ban telah tipis, maka segeralah ganti dengan ban kondisi baru.

3 dari 4 halaman

2. Gunakan Perlengkapan Berkendara yang Lengkap Namun Nyaman

2. Gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap namun nyaman

Saat berkendara, ada baiknya Anda menggunakan helm full-face. Selain itu, Anda juga harus melengkapi diri dengan jaket yang cukup tebal serta pelindung dada agar kesehatan tetap terjaga.

Sementara, untuk alas kakinya tidak disarankan memakai sandal karena kurang mendukung faktor keamanan. Sebaiknya, gunakan sepatu namun dengan sol yang tak terlalu tebal. Hal ini penting, agar kaki Anda tetap sensitif kala menginjak rem ataupun gigi perseneling.

4 dari 4 halaman

3. Hindari Membawa Barang Berlebih

3. Hindari membawa barang berlebih

Mudik biasanya identik dengan oleh-oleh atau bingkisan untuk keluarga di kampung. Sayangnya, para pemudik terkadang membawa oleh-oleh sangat banyak, sehingga mengorbankan kenyamanan berkendara.

Para pemudik disarankan tidak terlalu banyak membawa barang saat perjalanan. Apabila ingin menghadiahi oleh-oleh bagi sanak saudara, dapat dikirimkan melalui jasa ekspedisi terpercaya agar perjalanan Anda tetap nyaman selama perjalanan.

Selain terjamin keamanannya, mengirimkan sebagian barang bawaan juga membuat sepeda motor tidak mendapat tambahan beban berlebih yang turut mengurangi usia motor.