Sukses

Ribuan Unit Kia Soul dan Sportage Ditarik dari Inggris

Liputan6.com, Seoul - Badai penarikan (recall) mobil tak hanya dialami oleh pabrikan asal Amerika Serikat (AS) saja. Terkini, Kia mengumumkan akan menarik ribuan model Soul dan Sportage yang beredar di Inggris Raya.

Dilansir dari Inautonews, Rabu (14/5/2014), penarikan ini dilakukan karena temuan masalah yang terjadi pada sabuk pengaman (seatbelt). Tak pelak, ribuan unit dari model Kia Soul dan Sportage dilaporkan masuk dalam daftar recall.

Lebih jauh, Kia menjelaskan, masalah ini terjadi karena kerusakan piston pada komponen mekanik yang menyebabkan pretensioner tidak bekerja sempurna. Jika diabaikan, masalah ini bisa meningkatkan risiko saat kecelakaan.

Secara keseluruhan terdapat 5.787 unit Kia Sportage yang terdampak dari kebijakan recall ini. Semantara pabrikan asal Korea Selatan itu juga akan menarik sebanyak 1.432 unit Kia Soul dari Inggris Raya. Sejauh ini, Kia belum memeroleh laporan adanya pengemudi yang cedera akibat kesalahan ini.

Kia Sportage yang bermasalah adalah yang diproduksi pada Oktober 2011 hingga November 2012, di fasilitas Zilina, Slovakia. Sedangkan untuk Soul, pabrikan menarik mobil yang diproduksi sepanjang Agustus 2011 hingga Maret 2012 di fasilitas Kwangju, Korea Selatan. (Gst/Gdn)