Sukses

Mesin Mercedes Benz Kini Digarap AMG

Mesin empat silinder garapan AMG mampu menghasilkan tenaga hingga 181 horse power (HP).

Liputan6.com, Stuttgart - AMG merupakan salah satu rumah modifikasi terkemuka dunia. Rumah modifikasi ini terkenal kerap bekerja sama menggarap mobil berperforma tinggi bersama dengan Mercedes Benz.

Dikutip dari Autoevolution, yang ditulis Kamis (1/5/2014), hubungan antara AMG dengan pabrikan berlogo three pointed stars akan semakin erat sebab AMG mendapatkan tugas baru dengan menggarap mesin empat silinder dari Mercedes Benz. AMG sebelumnya telah sukses melahirkan mesin empat silinder berkapasitas 2,0 liter turbocharger berkode M133 yang digunakan pada CLA 45, A45, dan GLA 45.

Mesin empat silinder garapan AMG dengan kode M133 cukup galak karena mampu menghasilkan tenaga hingga 181 horse power (HP). Mesin tersebut saat ini merupakan mesin empat silinder paling kuat dan bertenaga yang pernah diproduksi di dunia.

Bahkan, mesin empat silinder garapan AMG yang disematkan pada GLA 45 sanggup mengeluarkan tenaga hingga 360 horse power (HP) dengan torsi 450Nm. Mesin ini mampu melesatkan GLA 45 yang merupakan sebuah SUV (Sport Utility Vehicle) dari 0-100 km/jam hanya dalam 4,6 detik.

Percaya atau tidak, torehan waktu akselerasi yang dihasilkan GLA 45 tersebut kemungkinan besar dapat dipatahkan Mercedes Benz C-Class yang mengusung mesin berkode W205 dengan total tenaga serupa. Hal tersebut dapat terjadi karena C-Class menggunakan alumunium pada sebagian besar bodinya sehingga membuatnya lebih ringan dari GLA 45.

Sementara itu, CEO AMG, Tobias Moers malah berpikiran lain, sebab ia menilai mesin garapannya harus digunakan pada mobil yang memakai basis MFA (Modular Front Architecture). Hal tersebut dikhawatirkan malah akan menghentikan pengembangan mesin empat silinder Mercedes Benz pada C Class saja.

Keputusan Moers akan memberi dampak yang cukup besar pada Mercedes Benz sehingga harus menunda model C 45 AMG dan C450 Sport meluncur ke pasaran dalam waktu dekat. Hal tersebut terjadi karena mesin berkode M133 yang diusung kedua model tersebut harus dikalibrasi ulang untuk transmisi model lain. (Ysp/Agm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.