Sukses

Audi Ogah Garap Mobil Kecil

Audi sedang menggarap sebuah SUV yang diberi nama Q9.

Liputan6.com, Ingolstadt - Perusahaan otomotif asal Jerman, Audi, memberikan konfirmasi jika mereka sedang membangun sebuah mobil tipe sport utility vehicle (SUV). SUV tersebut akan mereka namai Q9 dan diharapan menjadi salah satu andalan pabrikan berlogo empat lingkaran tersebut.

Konfirmasi dari Audi tersebut sekaligus menjadi bantahan atas rumor yang beredar sebelumnya mengenai rencana mereka untuk menggarap sebuah mobil tipe city car milik Volkswagen yaitu Up!, seperti dikutip dari Carscoops, Rabu (30/4/2014).

"Kami cukup senang dengan model A1 sehingga tidak memerlukan sebuah model lain lagi di bawahnya. A1 sanggup terjual hingga 120 ribu unit dan dipandang cukup tinggi di mata konsumen. Dengan berbagai fitur yang kami pasangkan ternyata menghasilkan keuntungan yang cukup baik," ungkap Rupert Stadler, Chief Executive Officer (CEO) Audi pada majalah CAR.

Stadler menambahkan, nantinya Audi Q9 yang sedang dibangun ini akan mengisi celah antara Q7 dan Q9 versi lama. Perusahaan berambisi bila Q9 terbaru harus menguasai penjualan Audi secara keseluruhan sehingga porsinya bisa mencapai 45% pada tahun 2020 mendatang.

Para petinggi Audi tak terlihat khawatir langkah pembangunan SUV ini dianggap terlambat jika dibanding dengan produsen otomotif lainnya. Mereka justru optimis karena produsen mobil lain yang masih tergabung dalam 1 grup dengan Audi yaitu Bentley dan Lamborghini juga baru saja memperkenalkan tipe SUV terbarunya kepada publik.

"Jika kami membangun Q9 bukan karena iri terhadap apa yang sedang rival kami lakukan," kata Stadler.

Ucapan Stadler tersebut mematahkan asumsi bila Audi merasa tersaingi oleh BMW X7 dan Land Rover-Range Rover yang meluncurkan SUV dengan wheelbase panjang ke pasaran.

Q9 akan hadir dengan teknologi penggerak e-tron plug-in hybrid.

Sayangnya, Audi masih belum mengungkapkan kapan model tersebut akan diluncurkan. (ysp/gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.