Sukses

Cara Agar Tetap Aman dan Sehat Selama Musim Dingin Ekstrem

Badai musim dingin mungkin mengganggu rutinitas harian dan rencana perjalanan kita, tetapi hawa dingin, hujan yang membekukan, angin, dan salju juga dapat membahayakan kesehatan kita.

Liputan6.com, Jakarta Badai musim dingin mungkin mengganggu rutinitas harian dan rencana perjalanan. Sebab hawa dingin, hujan yang membekukan, angin, dan salju juga dapat membahayakan kesehatan.

Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, melansir CNBC, Jumat (23/2/2024), tingkat kematian dalam beberapa tahun terakhir meningkat 8% hingga 12% selama bulan-bulan musim dingin.

Sejak tahun 1979, lebih dari 19.000 orang Amerika telah meninggal akibat kondisi yang berhubungan dengan cuaca dingin, menurut sertifikat kematian.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS, peningkatan ini terkait dengan "perubahan musiman dalam perilaku dan tubuh manusia" serta "peningkatan paparan penyakit pernapasan.

Selain mempersiapkan rumah dan kendaraan Anda untuk menghadapi cuaca musim dingin, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga diri Anda dan orang lain tetap sehat saat cuaca sangat dingin.

Perawatan lebih ke bayi dan orang lanjut usia

Tyler Barrett, Direktur Medis Eksekutif Layanan Darurat di Rumah Sakit Universitas Vanderbilt di Nashville, menyarankan untuk selalu memperhatikan bayi dan orang lanjut usia selama badai musim dingin.

"Bayi dan orang lanjut usia memiliki waktu yang lebih sulit untuk mempertahankan suhu inti tubuh mereka," katanya.

Dikatakan karena bayi yang baru lahir kehilangan panas tubuh lebih cepat dan orang dewasa yang lebih tua menghasilkan lebih sedikit panas tubuh. Hipotermia terjadi ketika tubuh Anda kehilangan panas lebih cepat daripada yang dihasilkannya.

Pastikan anak-anak di bawah usia satu tahun tidur di ruangan yang hangat, idealnya antara 68 dan 72 derajat.

Demikian pula, jika Anda memiliki teman atau tetangga yang berusia di atas 65 tahun, kunjungi mereka secara berkala untuk memastikan bahwa rumah mereka memiliki penghangat ruangan yang tepat.

Barrett juga memperingatkan bahwa risiko hipotermia meningkat ketika suhu di dalam rumah turun di bawah 50 derajat dalam waktu yang lama.

Simpanlah hewan peliharaan di dalam rumah selama cuaca dingin, tetapi jika mereka keluar rumah, pastikan kaki dan perutnya bebas dari salju saat kembali ke dalam rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tetap Aman di dalam Ruangan

Jangan pernah menggunakan generator, pemanggang gas atau arang, atau kompor kayu di rumah Anda. Barrett mengatakan bahwa asap dari alat-alat tersebut dapat menghasilkan karbon monoksida, yang merupakan gas tak berbau dan tak berwarna yang dapat membunuh Anda.

"Jika Anda menggunakan alat pemanas apapun, selalu waspadai karbon monoksida dan pasanglah detektor karbon monoksida di rumah Anda," sarannya.

CDC merekomendasikan agar tidak menggunakan kompor untuk menghangatkan ruangan; sebagai gantinya, gunakan selimut, kantong tidur, atau mantel ekstra. Perapian yang terawat dengan baik atau pemanas ruangan portabel bisa menjadi pilihan yang lebih aman.

3 dari 6 halaman

Tetap berhati hati saat di luar

Jika memungkinkan, hindari bepergian di jalan yang licin. Jika Anda terdampar di luar dan memiliki kendaraan, Layanan Cuaca Nasional merekomendasikan untuk tetap berada di dalam rumah untuk menghindari hipotermia.

Jika Anda harus menyekop salju atau melakukan tugas di luar ruangan lainnya, luangkan waktu Anda dan kerjakan secara perlahan.

Hindari menginjak es dan menjadi basah.Saat melakukan aktivitas luar ruangan seperti bermain ski, naik kereta luncur, atau berlari, lakukan perjalanan berpasangan dan sediakan peralatan darurat serta ponsel yang mudah dijangkau.

4 dari 6 halaman

Risiko radang dingin dan hipotermia

Barrett merekomendasikan untuk meminimalkan waktu Anda di luar ruangan saat badai musim dingin untuk menghindari radang dingin atau hipotermia.

"Kenakan pakaian yang hangat dan kering dengan penekanan khusus untuk melindungi area-area yang lebih sensitif seperti telinga, hidung, pipi, jari-jari kaki, dan jari-jari tangan," lanjutnya.

"Itulah area-area yang memiliki risiko lebih tinggi terkena radang dingin."Radang dingin terjadi pada suhu beku ketika pembuluh darah mengerut, suhu kulit menurun, dan kristal es terbentuk di sekitar dan di dalam sel Anda, sehingga menyebabkan kerusakan. Gejalanya meliputi kulit putih atau kuning keabu-abuan yang terasa sangat keras dan mati rasa di daerah yang terkena.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami radang dingin dan perawatan medis yang cepat tidak tersedia, CDC merekomendasikan untuk pindah ke tempat yang hangat sesegera mungkin dan merendam bagian yang terkena dalam air hangat, bukan air panas. Anda juga dapat menghangatkan area yang terkena dengan panas tubuh.

CDC menggambarkan hipotermia sebagai kondisi medis yang lebih berbahaya yang memerlukan perawatan medis segera. Hipotermia dapat ditandai dengan menggigil yang parah atau kulit yang merah dan dingin. Gejala lainnya termasuk disorientasi, kehilangan ingatan, bicara cadel, dan kelelahan.

Jika Anda tidak dapat segera mencapai rumah sakit, carilah tempat yang hangat atau tempat berlindung dan lepaskan pakaian yang basah.

Hangatkan bagian tengah tubuh terlebih dahulu, termasuk dada, leher, dan kepala, dengan melakukan kontak kulit ke kulit di bawah pakaian yang longgar dan kering. Minuman hangat juga dapat membantu meningkatkan suhu tubuh.

5 dari 6 halaman

Menjaga kelembapan tubuh

Jika kita tidak melembabkan kulit secara memadai dalam cuaca yang sangat rendah, kulit bisa menjadi sangat kering dan rusak.

"Anda akan mengalami peningkatan risiko terkena infeksi kulit," kata Barrett. "Kita semua memiliki bakteri yang hidup di kulit kita, dan kulit Anda berfungsi sebagai penghalang, menjaga agar bakteri tersebut tidak menginfeksi Anda, jadi jika Anda mengalami kulit kering dan pecah-pecah, Anda memiliki risiko yang sedikit lebih tinggi."Untuk menghindari kulit kering yang semakin parah, mandilah dan mandilah dengan air hangat, bukan air panas.

American Academy of Dermatology menyarankan untuk mengoleskan pelembab sesaat setelah mandi untuk menjaga kelembapannya. Salep atau krim mungkin lebih efektif daripada losion yang mengandung parfum atau bau yang kuat.

"Orang yang menderita eksim mungkin mengalami peningkatan ruam selama musim dingin," kata Barrett, seraya menambahkan bahwa mereka yang mengalami gangguan kulit yang berhubungan dengan musim dingin harus berkonsultasi dengan dokter perawatan primer untuk mendapatkan saran dan perawatan lebih lanjut.

6 dari 6 halaman

Waspada Suhu dingin dan paru-paru yang ekstrem

Barrett mencatat bahwa udara yang lebih dingin dan lebih kering dapat memperburuk infeksi pernapasan seperti flu, Covid-19, dan RSV dengan mengiritasi saluran udara dan menyebabkan mengi, batuk, dan sesak napas.

Vaksin tahunan direkomendasikan, terutama untuk flu dan Covid-19, untuk membantu mencegah masalah yang lebih parah. Menurut CDC, vaksinasi flu mengurangi kemungkinan Anda perlu ke dokter untuk mendapatkan pengobatan flu sebesar 40% hingga 60%.Orang dengan penyakit paru-paru, seperti asma, juga lebih rentan terhadap masalah cuaca dingin karena peradangan di paru-paru mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.