Sukses

Ini Saran Sederhana Direktur Harvard Buat Hidup Lebih Bahagia

Ada satu kebiasaan yang meningkatkan kebahagiaan

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak tips bertebaran di luar sana tentang bagaimana menjadi lebih bahagia. Mulai dari berolahraga lebih banyak hingga melatih rasa syukur.

Mungkin sulit untuk menghasilkan satu perubahan kecil yang dapat Anda lakukan sekarang untuk meningkatkan kesejahteraan Anda.

Direktur Harvard Study of Adult Development Robert Waldinger mengatakan ada satu kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kebahagiaan Anda. Tips ini ia bagikan dalam acara The Atlantic Festival pada bulan September lalu, melansir CNBC, Selasa (12/12/2023).

Studi kebahagiaan yang dilakukan oleh Waldinger ini telah berlangsung selama beberapa dekade. Studi ini menemukan bahwa orang-orang yang pandai berhubungan dengan orang lain setiap hari adalah orang-orang yang paling bahagia, dan mampu menjadi lebih tangguh ketika menghadapi tantangan dalam hidup.

Keterampilan ini sering disebut sebagai keterampilan sosial, yang merupakan tindakan untuk secara konsisten meninjau bagaimana kita mencurahkan diri dalam hubungan kita, dan memperbaiki ketidakseimbangan untuk menjadi teman dan mitra yang lebih baik.

Saran Waldinger terdiri dari dua bagian, "Perhatikan dengan saksama ke mana Anda mengarahkan perhatian Anda, dan jika bisa, arahkan ke orang-orang yang Anda sayangi," ujarnya dalam sebuah acara berdurasi dua jam tentang mengejar kebahagiaan.

Bagian pertama dari persamaan ini mengasah kebutuhan Anda untuk lebih sadar akan apa yang Anda berikan pada perhatian Anda. Sebagai contoh, jika Anda tahu bahwa hal-hal tertentu seperti scrolling media sosial mantan pasangan Anda membuat Anda tidak bahagia, Anda harus berusaha untuk mengurangi hal tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbanyak Relasi dengan Orang Baik

Sebaliknya, jika berbicara dengan teman dekat Anda tentang impian dan aspirasinya memotivasi Anda untuk mencapai tujuan tersebut, maka lakukanlah hal itu lebih banyak.

Berlatihlah untuk mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal yang membuat Anda merasa tidak menyenangkan ke hal-hal yang membuat Anda merasa nyaman dan orang-orang yang Anda sayangi.

Membangun hubungan membutuhkan niat, kata Waldinger, dan ini adalah salah satu cara yang bermanfaat agar Anda dapat lebih intens dalam menjalin hubungan.

Sebagai permulaan, hubungi orang yang berbeda yang ingin Anda jalin hubungan dengannya setiap hari.

Waldinger memperkuat relasi sosialnya dengan memulai percakapan dengan para pengemudi ojolnya, yang menurutnya merupakan cara yang bagus untuk terhubung dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda dan melihat kehidupan dari sudut pandang orang lain.

Hubungan Anda di tempat kerja dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk sukses dalam karier, kata Waldinger kepada CNBC Make It pada bulan Maret. Jadi, berlatihlah untuk mengembangkan hubungan yang sehat dalam hidup Anda dengan menjalin hubungan dengan rekan kerja Anda.

"Ini adalah kebutuhan sosial penting yang harus dipenuhi dalam semua aspek kehidupan kita," kata Waldinger. "Ditambah lagi, jika Anda lebih terhubung dengan orang lain, Anda akan merasa lebih puas dengan pekerjaan Anda, dan melakukannya dengan lebih baik."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.