Sukses

Jangan Puji Anak dengan Kalimat Ini jika Ingin Membesarkan Mereka Jadi Lebih Kuat dan Dewasa

“Ingin anak tumbuh dengan percaya diri dan sukses? Berhati-hatilah dalam memuji mereka,” kata peneliti pola asuh toxic Jennifer Breheny Wallace.

Liputan6.com, Jakarta - “Ingin anak tumbuh dengan percaya diri dan sukses? Berhati-hatilah dalam memuji mereka,” kata peneliti pola asuh toxic Jennifer Breheny Wallace.

“Daripada menyoroti pencapaian mereka, seperti nilai bagus di rapor, fokuslah pada karakter anak secara spesifik yang membantu mewujudkan kesuksesan mereka,” kata Wallace, penulis Never Enough: When Achievement Pressure Menjadi Toxic — and What We Can Do About It.

“Menyadari kekuatan orang lain, dan mengakuinya, membuat orang-orang di sekitar kita merasa bahwa mereka penting,” katanya kepada CNBC.

Untuk melengkapi penulisan di bukunya, Wallace mewawancara psikolog anak dan mensurvei 6.500 orang tua di seluruh Amerika Serikat saat bekerja dengan Richard Weissbourd, seorang psikolog anak di Harvard Graduate School of Education. (Wallace sendiri juga memegang gelar dari Universitas Harvard.)

Temuan penelitian Wallace mengatakan, menyoroti kejujuran, kreativitas, dan atribut positif lainnya pada anak-anak sering kali membantu mereka tumbuh dengan cara yang sehat secara emosional. “Orang-orang menjadi lebih kuat dan lebih dewasa, tak banyak yang tumbuh karena dipuji, tetapi lebih disebabkan karena mereka dikenal,” kenang Weissbourd.

“Kita (perlu) melihat apa yang pada dasarnya berharga di dalamnya,” kata Wallace. “Hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pencapaian eksternal.”

Beberapa pujian meningkatkan tekanan

“Memuji anak atas pencapaian tertentu sebenarnya lebih banyak merugikan daripada menguntungkan,” kata beberapa psikolog.

Bagi banyak anak-anak dan remaja yang diwawancarai Wallace, penekanan pada nilai bagus atau memenangkan kompetisi meningkatkan tekanan dan tekanan yang mereka rasakan untuk membangun prestasi tersebut.

“Itu akan menjadi landasan baru,” kata Wallace. “Tak hanya itu, hal ini tidak berkelanjutan bagi anak-anak ini. Pujian menjadi terasa seperti tekanan yang lebih besar, seperti, ‘Sekarang, kami mengharapkan hal ini dari Anda.’”

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang melihat nilai bagus sebagai hasil usaha dan kekuatan karakter, bukan sekedar kemampuan saja, cenderung lebih sukses di masa depan.

“Demikian pula, anak-anak yang mendapat manfaat besar dari pemahaman bahwa orang tua mereka menghargai mereka apa adanya, bukan hanya karena prestasi mereka,” kata Wallace.

Secara keseluruhan, anak-anak tersebut dapat membangun kepercayaan diri untuk mengambil proyek yang menantang tanpa takut gagal, dan memiliki kemampuan untuk bangkit kembali ketika mereka gagal. Ia juga menambahkan, “Daripada memuji anak-anak kita, (biarkan) mereka tahu bahwa kita memandang mereka apa adanya. Pada dasarnya adalah mengenal mereka secara mendalam untuk mengetahui kekuatan mereka.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara mengetahui dengan tepat apa yang harus dikatakan

“Strategi Wallace lebih mudah diucapkan daripada dilakukan,” katanya. 

Mengidentifikasi kekuatan karakter anak Anda dapat menjadi sebuah tantangan. Adapun, tekanan dalam mengasuh anak sering kali mengalihkan fokus ke upaya untuk memperbaiki kelemahan yang mereka rasakan.

“Kami pikir tugas kami adalah memperbaiki kelemahan anak-anak kami,” kata Wallace. “Tetapi sebenarnya, dalam kata-kata para peneliti, kami harus menjadi ‘pengamat kelebihan’ dan benar-benar melihat kekuatan anak-anak kita sehingga kita dapat memperkuat sisi baik dalam diri mereka dan tidak terlalu terpaku pada hal-hal negatif.”

Salah satu sarannya mengatakan, berkumpul bersama keluarga untuk mengisi Survei Kekuatan Karakter VIA, sebuah kuesioner online gratis yang dikembangkan oleh psikolog Christopher Peterson dan Martin Seligman. 

Untuk mengisi kuesioner tersebut, dibutuhkan sekitar 10 menit untuk menyelesaikannya, dan membuat profil individu untuk setiap orang dengan menyoroti 24 kekuatan positif manusia seperti keberanian, kreativitas, kebaikan, humor, dan kecerdasan sosial.

“Membahas hasilnya sebagai keluarga dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi dan membicarakan cara anak-anak mewujudkan kekuatan tertentu setiap hari,” kata Wallace.

Kamu juga dapat meminta wawasan dari guru anakmu di sekolah, karena mereka sering kali terampil dalam mengenali dan mengungkapkan kekuatan anak.

Wallace mengatakan ia melakukan ini dengan memberi anotasi pada rapor anak-anaknya. Saat seorang guru menulis pujian, ia menggarisbawahi pujian tersebut dan menambahkan catatannya sendiri.

Misalnya, dia berkata, “Saya juga melihatnya. Kamu selalu membantu saudaramu. Betapa indahnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.