Sukses

Pertamina dan AP II Bergandengan Terkait Penanggulangan Keadaan Darurat Soekarno Hatta Into Plane Service

andara Soekarno Hatta merupakan objek vital negara yang berdampak internasional dan mempunyai kekuatan armada maupun personil.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II terkait kerjasama penanggulangan keadaan darurat Soekarno Hatta Into Plane Service. Kerjasama ini didasarkan pada pengelolaan refueling pesawat udara yang terdapat potensi risiko drive away insiden.

Terutama dalam penanggulangan keadaan darurat di area Sisi Udara (Air Side), di Soekarno - Hatta Into Plane Services (SHIPS) yang membutuhkan bantuan sarana dan personil dari unit Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) Bandara Soekarno Hatta.

Dukungan ARFF itu dituangkan dalam Letter of Operational Coordination Agreement (LOCA) Penanggulangan Keadaan Darurat Sarana dan Fasilitas SHIPS, yang ditandatangani pada hari Rabu tanggal 26 Juli 2023.

Penandatangan dilakukan Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat dan Executive General Manager Angkasa Pura 2 KCU Bandara Internasional Soekarno Hatta. Ini sebagai suatu kesepakatan mengenai tugas dan tanggung jawab dari masing-masing entitas dalam menangani kondisi darurat di lokasi SHIPS.

Executive General Manager (EGM) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Deny Djukardi mengatakan bahwa kerjasama ini dapat meningkatkan keahlian dan kompetensi pekerja SHIPS dengan dilakukannya latihan penanggulangan keadaan darurat bersama ARFF.

Executive General Manager Angkasa Pura 2 KCU Bandara Internasional Soekarno Hatta, Dwi Ananda Wicaksana menerangkan bahwa Bandara Soekarno Hatta merupakan objek vital negara yang berdampak internasional dan mempunyai kekuatan armada maupun personil baik di sisi udara maupun di luar sisi udara dalam penanganan keadaan darurat, sehingga Angkasa Pura 2 KCU Bandara Internasional Soekarno Hatta menyambut baik kerjasama ini bisa meningkat sampai LOCA.

Operation Head SHIPS, Ridwan menjelaskan SHIPS memiliki berbagai risiko dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya seperti drive away insiden yang berdampak terhadap tumpahan Avtur dan kerusakan bagian receptacle pesawat, insiden api, cidera dan fatality sehingga diperlukan kerjasama dengan ARFF sebagai upaya mitigasi dan bantuan dalam menghadapi kondisi darurat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Isi Kesepakatan

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengungkapkan bahwa pada pokok kesepakatan LOCA memuat mengenai 9 hak dan kewajiban SHIPS serta 6 hak dan kewajiban Angkasa Pura 2.

"Termasuk di dalam Ruang Lingkup Kesepakatan ini, membentuk Tim Tanggap Darurat, melakukan koordinasi dan rencana latihan bersama dan pelaksanaan penanggulan keadaan darurat", ujar Eko.

Kesehatan, keselamatan dan pengelolaan lingkungan menjadi perhatian utama dari semua kegiatan Pertamina Patra Niaga dan terus berupaya meminimalisir dan menghilangkan dampak kontraproduktif yang ditimbulkan oleh operasi yang sedang berlangsung dan yang direncanakan oleh Perusahaan.

Untuk informasi mengenai produk, layanan dan program Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.