Sukses

Solusi Jika Ingin Mencerahkan Ketiak Gelap, Silahkan Coba!

Adalah preferensi pribadi jika Anda memutuskan untuk merawat ketiak yang gelap atau ingin membiarkannya.

Liputan6.com, Jakarta Kulit ketiak gelap sering menjadi permasalahan bagi beberapa orang. Namun, kini tidak perlu khawatir lagi sebab ada solusi untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

Sebelumnya, ketahuilah bahwa ketiak yang gelap benar-benar normal dan umum. "Alasan yang berkisar dari genetika hingga hormon yang berfluktuasi hingga hiperpigmentasi pasca-inflamasi karena waxing, rambut yang tumbuh ke dalam, dan reaksi alergi terhadap deterjen atau produk tubuh," jelas dokter kulit asal New York Robyn Gmyrek seperti melansir InStyle, Rabu (12/7/2023).

Kadang-kadang, itu adalah tindakan sederhana dari berkeringat yang harus disalahkan. “Kelebihan keringat membuat area ketiak menjadi sensitif terhadap keringatnya sendiri. Kami menyebutnya dermatitis kontak iritan,” tambah dokter kulit bersertifikat di Montefiore Einstein Kseniya Kobets.

Adalah preferensi pribadi jika Anda memutuskan untuk merawat ketiak yang gelap atau ingin membiarkannya. Sama seperti hiperpigmentasi di bagian tubuh lainnya, umumnya tidak berbahaya. Bahkan mungkin "jika ini adalah masalah baru dan tidak terlalu intens, hiperpigmentasi mungkin akan hilang dengan sendirinya," kata Kobets. Mungkin lebih baik menunggu karena “kulit ketiak lebih halus dan lebih tipis dibandingkan bagian tubuh lainnya — membuatnya lebih mudah ditembus oleh produk topikal,” tambah dia.

Namun, jika Anda ingin mempercepat proses mencerahkan ketiak, penting untuk bekerja sama dengan dokter kulit untuk mengatasi penyebab yang mendasari guna “mengesampingkan kondisi medis apa pun, seperti kehamilan, eksim, psoriasis, atau diabetes,” kata Gmyrek. Sementara itu, rutinitas harian secara diam-diam pun dapat memengaruhi hiperpigmentasi ketiak.

Cara Mencukur Bulu Ketiak

Jika Anda memilih tampilan yang tidak berbulu untuk ketiak, "Gosokan dan gesekan fisik membuat kulit bereaksi dengan menyebabkan iritasi dan kemerahan yang dapat berubah menjadi perubahan warna menjadi cokelat seiring waktu," kata Kobets.

Jangan mengambil risiko mencukur kering atau menggunakan air saja. Hal itu karena dapat menimbulkan gesekan. “Ingatlah untuk menggunakan krim cukur agar membantu pisau cukur meluncur mulus tanpa merusak kulit,” katanya. Mendapatkan perawatan laser atau waxing di kantor dapat membantu memperpanjang waktu antara sesi penghilangan bulu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan Pencerah Ketiak

Eksfoliasi

Dalam hal pengelupasan ketiak, ada kabar baik dan buruknya. "Eksfolian bisa bermanfaat, tetapi mereka akan menjadi yang terbaik untuk hiperpigmentasi superfisial - dan tidak akan sepenuhnya menghilangkan hiperpigmentasi yang berakar dalam," kata Gmyrek.

Jika hiperpigmentasi memang dangkal, eskfoliator kimia adalah pilihan terbaik. “Alasan utama terjadinya penggelapan kulit adalah karena gesekan dan peradangan fisik, yang mengakibatkan iritasi dan kemudian menjadi gelap,” kata Kobets.

“Mungkin kalau eksfoliatornya sangat lembut. Cari yang dirancang untuk kulit sensitif dan kurangi frekuensi penggunaannya menjadi seminggu sekali untuk melihat bagaimana reaksi ketiak Anda,” jelas Gmyrek. Namun, karena tidak ada peraturan tentang hal yang memenuhi syarat suatu produk sebagai produk yang baik untuk kulit sensitif, pengujian tempel menjadi penting. Seperti produk baru lainnya, “coba uji tempel kecil setidaknya selama tiga hingga lima hari terlebih dahulu untuk melihat apakah ada iritasi yang berkembang. Jika Anda mengalami reaksi alergi — kemungkinan besar Anda akan mengalami lebih banyak hiperpigmentasi pasca inflamasi,” tambah dia.

Sementara itu, bagi yang ingin mencoba eksfolator lain untuk mencerahkan kulit, beberapa kandungan berikut ini mungkin bisa membantu.

Asam glikolat

“Asam glikolat adalah asam alfa hidroksi (AHA) yang membantu pengelupasan kulit dengan melonggarkan sel kulit mati dan mendorong pergantian sel. Ini bisa efektif untuk hiperpigmentasi tetapi mungkin terlalu keras untuk beberapa orang dengan kulit sensitif,” jelas Gmyrek.

Asam salisilat

Asam salisilat adalah asam beta hidroksi (BHA) yang dapat menembus pori-pori dan membantu mengelupas sel-sel mati di permukaan kulit, yang dapat membantu menghilangkan hiperpigmentasi superfisial, katanya.

Asam laktat

“Asam laktat, AHA lainnya, dapat membantu pengelupasan kulit dengan lembut dan memperbaiki tekstur kulit. Ini umumnya lebih ringan dibandingkan dengan asam glikolat, menjadikannya pilihan yang baik untuk area ketiak yang cenderung sensitif,” katanya.

Karena kulit ketiak Anda terlipat dengan sendirinya, "hal itu menyebabkan peningkatan kelembapan dan kehangatan di area tersebut, yang juga dapat meningkatkan penyerapan obat topikal," kata Gmyrek.

Jadi, penting untuk memperhatikan produk dan bahan yang Anda gunakan di area tersebut. Kesabaran adalah kuncinya. Mulailah perlahan dan gunakan jumlah yang sangat kecil. “Saat mengoleskan produk ke area tersebut, Anda ingin memastikan semua produk deodoran sebelumnya telah dihilangkan, sabun Anda benar-benar bersih, dan area tersebut benar-benar kering,” tambah Kobets.

“Secara keseluruhan, enzim tirosinase adalah target utama saat mempertimbangkan perawatan yang mengatur warna kulit dan hiperpigmentasi. Enzim ini sangat penting dalam pembentukan melanin atau pigmen, sehingga pemblokiran tirosinase mencegah pembentukan melanin dan menurunkan hiperpigmentasi. Saya suka asam azelaic karena lembut dan dapat ditoleransi dengan baik oleh sebagian besar jenis kulit. Ini tersedia hingga 15 persen tanpa resep dan 20 persen dengan resep dokter. Bahan lain yang menghambat tirosinase adalah asam kojic, resveratrol, dan asam traneksamat,” tutur Gmyrek.

Anda juga dapat fokus pada bahan-bahan yang terkenal dengan khasiatnya yang mencerahkan. “Meskipun retinol dan vitamin C adalah agen pencerah yang hebat, mereka juga menyebabkan iritasi yang cukup parah dan perlu diperkenalkan secara perlahan, terutama karena lipatan kulit cenderung lebih sensitif,” kata Kobets. “Niacinamide menurunkan transfer pigmen ke sel kulit, membantu memperkuat penghalang kulit, dan anti inflamasi,” kata Gmyrek.

 

3 dari 3 halaman

Bereksperimen Dengan Deodoran

Dunia deodoran dan antiperspiran bisa sangat rumit saat Anda berurusan dengan ketiak yang gelap. Bagi banyak orang, wewangian dalam deodoran dapat mengiritasi, menyebabkan hiperpigmentasi.

“Hati-hati dengan yang berlabel 'alami' — wewangian dari minyak esensial dan wewangian yang berasal dari laboratorium dapat menyebabkan reaksi negatif pada kulit Anda,” kata Gmyrek.

Terkadang, aluminium bisa menjadi penyebab hiperpigmentasi ketiak Anda. “ Deodoran Reguler Tanpa Pewangi Asli mengandung natrium bikarbonat, juga dikenal sebagai soda kue, dan tidak terlalu mengiritasi aluminium,” kata Kobets.

Gunakan SPF

Karena kulit ketiak sangat halus dan lebih sensitif terhadap kerusakan akibat sinar matahari saat terkena sinar UV, penting untuk melindunginya dengan tabir surya jika Anda berencana untuk berada di luar ruangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini