Sukses

Dokter Berbagi Perpaduan Makanan Ampuh Mengalahkan Penyakit dan Hidup Lebih Lama

Ini diet No. 1 yang dia ikuti untuk 'mengalahkan penyakit dan hidup lebih lama': Ini adalah 'perpaduan unik' makanan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang dokter dan ilmuwan makanan, Dr. William Li telah menghabiskan 20 tahun mempelajari bagaimana pola makan kita dapat membantu kita mengalahkan penyakit dan hidup lebih lama.

Melansir CNBC Make It, Li selalu mengambil pendekatan berbasis makanan alami, dan sebagian besar dietnya pun terinspirasi oleh perpaduan unik antara dua budaya makanan terbesar di dunia: Mediterania dan Asia. Saya menyebutnya diet "MediterAsian".

Baik wilayah Mediterania maupun Asia memiliki wilayah yang dikenal sebagai Zona Biru, tempat orang menua lebih baik dan secara keseluruhan lebih sehat.

Berikut adalah enam makanan pokok MediterAsian yang dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan tetap sehat, dikutip dari CNBC Make It.

Buah-buahan

Apel: Satu apel sehari mungkin menjauhkan Anda dari dokter, tetapi tiga apel sehari dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Mereka serbaguna, cocok untuk salad, dan enak sebagai camilan atau dipanggang sebagai hidangan penutup.

Pir: Pir adalah sumber serat makanan yang sangat baik (buah berukuran sedang memiliki 6 gram) untuk kesehatan usus. Sebuah tip untuk menemukan buah pir yang matang, pegang buah di pangkalnya dengan satu tangan, dan dengan tangan lainnya, jepit daging di bagian bawah batang. Jika dagingnya sedikit, siap untuk disantap.

Grapefruit: Daging grapefruit mengandung flavonoid penangkal penyakit dan vitamin C, yang merupakan zat antioksidan dan anti-inflamasi pelindung DNA yang kuat.

Alpukat: Lemak dalam alpukat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Sayuran

Brokoli: Brokoli mengandung sulforaphane, yang melindungi sel punca, meningkatkan kesehatan usus dan metabolisme, serta memperkuat respons imun.

Kedelai: Kedelai dimakan sebagai kacang, dibuat menjadi tahu, difermentasi, dan bahkan dapat diubah menjadi anggur. Ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 20% dan diabetes sebesar 23%.

Wortel: Sayuran akar kuno yang berasal dari Asia Barat Daya, wortel merupakan sumber serat makanan yang baik untuk kesehatan usus. Setengah cangkir wortel parut memiliki 2 gram serat.

Jamur: Jamur mengandung serat larut yang disebut beta-D-glucan, yang merangsang pertahanan untuk menumbuhkan pembuluh darah baru yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka. Pada saat yang sama, itu dapat mencegah pembuluh darah berbahaya memberi makan kanker.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kacang-kacangan

Kacang putih: Kacang adalah makanan bergizi yang dapat membantu mengurangi faktor risiko kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol darah. Mereka juga mengandung nutrisi berharga seperti zat besi, seng, magnesium dan folat.

Lentil: Lentil adalah legum klasik dalam masakan Mediterania. Setengah cangkir lentil kering mengandung 18 gram serat, yang lebih dari setengah asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita.

Botol dan toples

Minyak zaitun extra virgin (EVOO): EVOO adalah bentuk minyak zaitun yang paling diinginkan. "Extra virgin" mengacu pada minyak yang tidak disuling, dan sebagai hasilnya, mengandung sedikit buah zaitun matang. Minyak dan bit adalah sumber polifenol kuat yang mengaktifkan pertahanan kesehatan.

Saat Li membeli EVOO, saya memindai label pada botol untuk mengidentifikasi varietas zaitun mana yang digunakan. Banyak yang dibuat dari berbagai jenis zaitun, yang rasanya sangat enak, tetapi saya lebih suka minyak monovarietal, yang cenderung tidak diencerkan dengan minyak yang lebih murah.

Cuka sari apel: Studi telah menemukan bahwa asam asetat dalam cuka sari apel mengurangi lemak tubuh, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan gula darah.

Pasta kacang fermentasi: Telusuri lorong tengah toko kelontong Asia mana pun, dan Anda akan melihat banyak jenis pasta kacang fermentasi. Terbuat dari kedelai yang difermentasi, mengandung bioaktif yang melawan sel lemak.

Makanan laut

Salmon: Salmon tinggi omega-3, yang diserap ke dalam sel lemak dan dimetabolisme. Kemudian mereka membuat protein yang dilepaskan seperti pemadam kebakaran seluler ke dalam massa lemak di sekitarnya untuk memadamkan peradangan yang disebabkan oleh lemak.

Roe: Jika Anda menjelajahi rasa yang unik, Anda harus mencoba telur (telur) dari makanan laut tertentu. Roe secara alami dikemas dengan omega-3, jadi dibutuhkan sangat sedikit untuk mendapatkan lemak sehat dalam dosis besar.

Sarden: Sarden adalah makanan laut Mediterania yang dihormati waktu. Mereka mengandung bioaktif yang dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan kolesterol darah.

Cairan

Teh matcha: Matcha adalah teh hijau yang dikenal dengan warna hijau cerahnya. Studi telah menemukan bahwa matcha dapat melawan efek metabolisme dari diet tinggi lemak.

Teh oolong: Sebuah studi oleh Departemen Pertanian AS menunjukkan bahwa minum enam cangkir teh oolong tiga hari seminggu meningkatkan metabolisme secara keseluruhan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.