Sukses

Buat Pemula Bingung Pilih Foundation? Ini 7 Tipsnya

Bagi Anda yang bingung, berikut ini beberapa tips memilih alas bedak.

Liputan6.com, Jakarta Memilih produk make up khususnya alas bedak harus yang sesuai dengan jenis kulit. Jika tidak, itu akan mempengaruhi penampilan riasan wajah Anda.

Nah, mungkin sulit untuk memilih alas bedak yang tepat sesuai jenis kulit Anda. Padahal Anda hanya membutuhkan produk alas bedak yang cocok dengan jenis, rona, dan tekstur kulit. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran, memilih yang sempurna untuk kulit Anda bisa lebih menantang.

Sementara itu, penampilan make up yang sempurna dan bercahaya dapat tercapai dengan alas bedak yang sempurna pula karena akan meratakan warna kulit sekaligus meningkatkan kecantikan alami. Namun, memilih alas bedak yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Meningat jenis, warna, dan tekstur kulit yang berbeda.

Bagi Anda yang bingung, berikut ini beberapa tips memilih alas bedak seperti melansir Timesnownews, Kamis (30/3/2023).

1. Menentukan Jenis Kulit

Mengetahui jenis kulit Anda adalah langkah pertama untuk memilih alas bedak yang tepat. Jenis kulit apa yang Anda miliki? Entah Anda memiliki kulit beminyak, kering, atau kombinasi keduanya. Anda harus mempertimbangkan faktor ini untuk mempersempit pilihan.

Alas bedak matte paling baik untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Sedangkan alas bedak yang menghidrasi paling baik untuk Anda yang punya kulit kering. Sementara alas bedak terbaik untuk kulit kombinasi yaitu yang cair atau bedak serum.

2. Kenali Warna Kulit

Setelah itu, Anda juga perlu menentukan warna kulit. Entah Anda memiliki kulit yang cerah, sedang, atau gelap. Periksa warna pembuluh darah di bagian dalam pergelangan tangan.

Anda mungkin memiliki rona kulit dingin jika terlihat biru. Atau mungkin memiliki rona kulit hangat jika tampak hijau. Rona kulit Anda mungkin netral jika Anda tidak dapat menentukan warnanya. Mengetahui warna kulit Anda dapat membantu memilih warna alas bedak yang tepat.

3. Pertimbangkan Cakupannya

Cakupan alas bedak Anda menentukan seberapa baik dia akan menyembunyikan ketidaksempurnaan, noda, dan kemerahan pada kulit. Tersedia alas bedak tipis, ringan, hingga sedang dengan cakupan penuh yang sesuai dengan preferensi Anda. Dengan sheer coverage, Anda akan terlihat natural, sedangkan dengan full coverage, Anda akan tampil flawless.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pilih Formula yang Tepat

Selanjutnya Anda juga harus memperhatikan formula foundation. Memilih alas bedak bebas minyak yang tidak akan menyumbat pori-pori merupakan ide bagus jika Anda memiliki kulit berminyak. Pilih alas bedak pelembab jika Anda memiliki kulit kering. Penting untuk memilih alas bedak hipoalergenik bebas pewangi untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

5. Pikirkan Hasil Akhir

Finishing foundation Anda menentukan penampilan akhirnya. Hasil akhir seperti apa yang Anda sukai, misalnya matte, dewy, atau satin. Untuk kulit berminyak, hasil akhir matte sangat ideal. Sedangkan untuk kulit kering, hasil akhir dewy sangat ideal. Sementara bagi yang menginginkan tampilan natural dan bercahaya, satin finish adalah pilihan yang tepat.

6. Uji Fondasi

Foundation harus diuji sebelum membeli. Pada garis rahang atau leher Anda, aplikasikan sedikit alas bedak dan baurkan. Jika cocok dengan warna kulit dan terasa nyaman di kulit, itu cocok. Anda juga dapat menguji iritasi dan oksidasi dengan memakainya selama beberapa jam.

7. Pertimbangkan Gaya Hidup

Saat memilih alas bedak, ingatlah gaya hidup Anda. Jika Anda menjalani gaya hidup aktif, pilih alas bedak yang tahan keringat dan tahan lama. Alas bedak yang ringan dan bernapas sangat ideal jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan.

Sangat penting bahwa Anda memilih alas bedak yang tepat untuk kulit demi mendapatkan penampilan yang sempurna dan alami. Untuk menemukan kecocokan sempurna bagi kulit, tentukan jenis, warna, coverage, formula, dan hasil akhir Anda, dan uji alas bedak. Jika Anda kesulitan menemukan alas bedak yang tepat, cobalah beberapa produk hingga Anda menemukan yang cocok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.