Sukses

Kata Psikolog, Anak Paling Kuat Mental Tak Melakukan 7 Hal Ini

Anak-anak yang kuat secara mental lebih siap untuk menangani tantangan dengan percaya diri dan lebih mungkin mengembangkan ketahanan untuk bangkit kembali dari kegagalan, menurut penelitian.

Liputan6.com, Jakarta Jika ingin anak Anda sukses dalam hidup, ajari mereka untuk kuat secara mental, kata psikoterapis Amy Morin.

Anak-anak yang kuat secara mental lebih siap untuk menangani tantangan dengan percaya diri dan lebih mungkin mengembangkan ketahanan untuk bangkit kembali dari kegagalan, menurut penelitian.

Membangun kekuatan mental anak-anak Anda dimulai dengan memperhatikan cara mereka berpikir, merasakan, dan bertindak, kata Morin. Kemudian, curahkan waktu dan kesabaran untuk menghilangkan kebiasaan buruk dan memperkuat kebiasaan baik hingga terasa alami.

Itu berarti ada untuk mereka saat mereka berjuang atau gagal, sehingga Anda dapat membantu mereka menilai apa yang salah dan mendukung ketika mereka mencoba untuk bangkit kembali, kata Morin.

“Saat mengacau, mereka membutuhkan bantuan untuk mencari tahu, ‘Bagaimana saya belajar dari kesalahan ini?’ atau, ‘Bagaimana saya bisa lebih baik?’ daripada berpikir, ‘Yah, jelas, ini tidak dimaksudkan untuk saya,’ dan menyerah,” katanya seperti melansir CNBC Make It, Selasa (28/3/2023).

Mengetahui apa yang tidak pernah dilakukan oleh anak-anak yang kuat secara mental dapat membantu Anda mengidentifikasi jenis-jenis perilaku tidak sehat yang mungkin menghalangi jalan anak Anda. Inilah tujuh di antaranya, menurut Morin.

1. Anak yang bermental kuat tidak menghindari tantangan

Anak-anak sering takut untuk mencoba hal-hal baru, seperti bermain olahraga atau alat musik baru, karena menurutnya mereka tidak akan mahir dalam hal itu, kata Morin. Atau, mereka mungkin mencoba sesuatu sekali dan langsung menyerah jika tidak berjalan dengan baik sejak awal.

Akan tetapi, mencoba hal-hal sulit dapat membuka keterampilan baru anak-anak dan menawarkan pelajaran penting dalam menghadapi kegagalan, kata Morin.

Ajari anak-anak Anda untuk tidak bersembunyi dari kegagalan, katanya. Bantu mereka melabeli perasaan, seperti mengakui betapa frustrasinya bergumul dengan sesuatu yang baru. Tawarkan jaminan dengan mengatakan sesuatu seperti, “Anda mungkin mempermalukan diri sendiri atau Anda mungkin ditolak, atau Anda tidak masuk tim. Tapi tidak apa-apa, kamu cukup kuat untuk mengatasinya”.

Anda juga bisa “memuji usaha anak-anak atas hasilnya”, kata Morin. Jika Anda hanya memberikan pujian saat anak mendapat nilai A dalam ujian, atau saat mencetak gol kemenangan dalam sepak bola, kemungkinan kecil mereka akan mencoba aktivitas baru jika mereka tidak langsung unggul.

“Pastikan mereka tahu bahwa Anda sama terkesannya dengan mereka di luar sana dan berusaha keras,” kata Morin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mereka tidak menyembunyikan kesalahan

Bayangkan seorang anak dengan gigih bersumpah bahwa mereka tidak hanya menyelundupkan cupcake, meskipun ada sesendok frosting yang jelas di wajahnya.

Ketakutan mengakui kesalahan dapat mendorong anak-anak mengeluarkan energi yang tidak baik untuk mencoba menutupinya. Mereka perlu memahami bahwa “tidak apa-apa membuat kesalahan dan dapat menggunakan lebih banyak energi untuk belajar darinya daripada menyembunyikannya”, kata Morin.

Anda harus mengajarkan anak-anak belajar dari kesalahan sehingga dapat mengembangkan keterampilan baru dan tumbuh sebagai individu, daripada hanya berfokus pada hukuman, kata Morin. Dia menyarankan agar lebih terbuka untuk mendiskusikan kesalahan dengan anak-anak dan bertanya kepada mereka tentang pembelajaran yang dapat diambil dari kesalahan.

Kemudian, ketika mereka mengakui melakukan sesuatu yang salah, “pujilah mereka karena jujur… daripada hanya marah kepada mereka karena apa pun yang mereka akui kepada Anda”, kata Morin.

3. Mereka tidak mengasihani diri sendiri

Jika anak Anda mengalami kemunduran, membiarkan mereka menyuarakan perasaan sedihnya dapat membantu mereka menerima kekecewaan dan melanjutkan hidup. Betapapun menggoda untuk menghibur anak-anak dengan segera, kata Morin, Anda juga sebaiknya jangan mengabaikan perasaannya.

“Tidak apa-apa membiarkan anak-anak sedih untuk sementara waktu,” katanya.

Akan tetapi, ini seharusnya hanya untuk keadaan sementara. “Anda hanya tidak ingin mereka terjebak dalam siklus itu, di mana mereka kemudian mulai melebih-lebihkan betapa buruknya itu, dan mereka mulai memprediksi bahwa mereka tidak akan pernah berhasil.”

Masuklah jika anak Anda mulai berbicara negatif secara berlebihan, dengan frasa hiperbolik seperti, ”‘Saya anak terbodoh di dunia,’ atau ‘Saya tidak akan pernah berhasil’,” kata Morin. Tanyakan kepada mereka apa yang akan mereka katakan kepada seorang teman yang mengalami krisis kepercayaan yang sama.

“Anak-anak sangat cepat berkata, ‘Baiklah, saya akan memberi tahu teman saya untuk belajar saja, Anda akan lulus [ujian Anda] lain kali,’” katanya. “Anak-anak biasanya dapat menemukan solusi sendiri.”

4. Mereka tidak bertindak seperti tidak peduli

Ada perbedaan antara bersikap tangguh dan kuat secara mental.

Orang tua terkadang salah mengira tekanan emosional karena kurangnya ketangguhan mental, menasihati anak-anak mereka untuk tidak membiarkan hal-hal terlalu mengganggu mereka, kata Morin. Tapi itu hanya semakin mengubur masalah mereka, daripada membantu mengatasi apa yang mengganggu dengan cara yang sehat.

Dan itu adalah sesuatu yang bisa mereka pelajari dengan cara menonton Anda. “Penting bagi anak-anak untuk mengetahui bahwa Anda juga memiliki perasaan, atau Anda bergumul dengan hal-hal tertentu,” kata Morin.

Dia menyarankan latihan untuk membantu anak-anak Anda mengidentifikasi emosi yang membantu versus yang berbahaya sehingga mereka dapat lebih memperhatikan yang pertama. Mintalah mereka bertanya pada diri sendiri ‘Apakah yang saya rasakan saat ini adalah teman atau musuh?’.

 

3 dari 4 halaman

5. Mereka tidak merendahkan orang lain untuk merasa lebih baik

Meremehkan orang lain untuk membuat diri Anda merasa lebih baik adalah tanda klasik dari harga diri yang rendah. Dan itu bisa menyebabkan anak Anda mengembangkan reputasi sebagai “anak nakal di taman bermain,” kata Morin, merusak hubungan mereka dengan anak lain.

Jika Anda mendengar anak-anak Anda merendahkan orang lain, duduklah bersama mereka dan cobalah untuk memahami akar dari perasaan negatif tersebut, saran Morin. Mungkin mereka sedih tentang hal lain, atau sebelumnya merasa malu dan ingin mempermalukan orang lain untuk mengalihkan perasaannya sendiri.

Kemudian, bantu mereka mencari tahu cara mereka dapat menangani situasi tersebut secara berbeda. “Kami harus mengajari mereka bahwa mereka memiliki cara untuk bertukar pikiran dan bahwa ada banyak cara untuk menyelesaikan masalah [selain] ide pertama yang muncul di kepala mereka,” kata Morin.

Ini juga perilaku yang mungkin secara tidak sengaja Anda ajarkan kepada anak-anak. Jika demikian, ambil tanggung jawab dan akui kepada anak-anak bahwa Anda salah mengolok-olok orang, kata Morin, “Anak-anak juga akan mengikuti kebiasaan itu.”

6. Mereka tidak mudah menyerah pada tekanan teman sebaya

Tekanan teman sebaya terkenal karena suatu alasan. Misalnya, sulit untuk mendengarkan suara hati yang mengatakan kepada Anda, “Ini ide yang buruk.”

Cobalah bermain peran dengan anak-anak Anda agar mereka mendapatkan kepercayaan diri dengan mempraktikkan apa yang akan mereka lakukan dalam situasi di mana seseorang membujuk mereka untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin mereka lakukan.

Morin menawarkan beberapa contoh tentang apa yang dapat dikatakan anak-anak dalam situasi tersebut:

a. “Tidak terima kasih.”

b. “Aku tidak melakukan itu.”

c. “Saya tidak tertarik.”

“Bagian terbesar dari kekuatan mental adalah mengetahui, ‘Saya bertanggung jawab atas cara saya berpikir, merasakan, dan berperilaku, terlepas dari apa yang terjadi di sekitar saya’,” kata Morin. Dia menambahkan, “Sering kali anak-anak menjadi mangsa teman sebaya, tekanan hanya karena mereka tidak yakin harus berkata apa atau bagaimana keluar darinya.

 

4 dari 4 halaman

7. Mereka tidak merasa berhak atas segalanya

Belajar merasakan dan mengungkapkan rasa syukur atas hal-hal baik dalam hidup Anda penting untuk membangun kekuatan mental, menurut penelitian. Bahkan dapat meningkatkan harga diri dan mengurangi stres.

Anak-anak yang merasa berhak cenderung tidak percaya bahwa mereka perlu bekerja keras untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, dan bahwa “jika mereka ingin sukses, itu mungkin tidak datang dengan sendirinya,” kata Morin.

Orang tua dapat melawan rasa berhak itu dengan “tidak memberikan anak-anak mereka semua yang mereka inginkan,” dan dengan “memuji anak-anak karena berusaha” - mulai dari tunjangan berbasis tugas hingga “sistem ekonomi token,” kata Morin.

“Anda menemukan beberapa perilaku yang ingin Anda lihat setiap hari, dan jika mereka melakukannya, mereka mendapatkan satu atau dua token. Dan kemudian mereka dapat memperdagangkan token mereka, apakah itu untuk pergi ke bioskop atau membeli sepasang sepatu kets yang mereka inginkan,” katanya.

Sistem ini membantu mengingatkan anak-anak tentang perbedaan antara apa yang mereka “butuhkan” dan “inginkan”, dan apa yang harus mereka pelajari untuk bekerja, tambah Morin.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.