Sukses

Buat Anak Muda Kenali Nih 13 Tren Kencan Toxic

Namun, dengan kemajuan teknologi dan peningkatan penggunaan media sosial, lanskap kencan ini telah berubah secara dramatis.

Liputan6.com, Jakarta Kini ada beragam tren kencan yang tanpa sadar itu termasuk hal yang toxic atau beracun. Karena itu, kawula muda perlu mengetahui jenis-jenis tren kencan toxic supaya bisa menghindarinya.

Berkencan bisa menjadi perjalanan untuk saling mengenal. Namun, dengan kemajuan teknologi dan peningkatan penggunaan media sosial, lanskap kencan ini telah berubah secara dramatis. Seiring dengan itu, tren kencan baru pun muncul yang terkadang bisa berbahaya dan beracun bagi tiap individu dan hubungan.

Jadi, penting untuk menyadari bahwa tren ini sebaiknya dihindari dan memprioritaskan komunikasi yang sehat, rasa hormat, dan saling pengertian dalam berhubungan. Sebab, sikap ini dapat menyebabkan kerugian emosional, mengurangi harga diri, dan berkontribusi pada dinamika hubungan yang tidak sehat.

Dengan memahami tren kencan yang toxic ini, setiap individu diharapkan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi dan mengembangkan hubungan yang sehat dan memuaskan berdasarkan rasa saling menghormati dan pengertian.

Sebagai seorang psikoterapis berlisensi Ginger Dean, dia membagikan beberapa tren kencan toxic yang perlu Anda ketahui. Melansir laman Hindustan Times, Jumat (3/2/2023), berikut ini jenis tren kencan yang tidak sehat.

1. Zombieing

Tren kencan ini ialah berhubungan kembali dengan seseorang setelah mengakhiri hubungan secara tiba-tiba. Ini seringkali untuk menghidupkan kembali hubungan atau untuk alasan egois.

2. Orbiting

Saat seseorang mengorbit, dia tidak membalas pesan, tetapi tetap menyukai kiriman Anda. Bahkan dia menonton setiap cerita yang Anda unggah.

3. Pocketing

Ketika seseorang belum sepenuhnya yakin tentang Anda dan menolak untuk memperkenalkan Anda kepada teman dan keluarganya, ini dikenal sebagai pocketing.

4. Firedooring

Kencan seperti ini ketika seseorang begitu mengharapkan Anda segera menanggapi setiap panggilan darinya.

5. Slow fading

Orang yang melakukan slow fading dia merespons pesan Anda dengan kata-kata yang singkat dan sedikit menghabiskan waktu bersama Anda. Hingga akhirnya dia berhenti menghubungi Anda sama sekali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6. Phubbing

Ketika seseorang bertemu dengan Anda secara langsung, tetapi menghabiskan seluruh waktunya dengan menatap ponsel dan tidak atau sedikit berinteraksi dengan Anda.

7. Kittenfishing

Saat seseorang memalsukan informasi tentang profil kencan, seperti dengan memanfaatkan foto lama atau menulis biografi palsu.

8. Cloaking

Seseorang memblokir Anda secara tiba-tiba. Alhasil Anda tidak memiliki cara untuk menghubunginya untuk menanyakan apa yang membuat mereka melarikan diri.

9. Ghosting

Tiba-tiba memutuskan semua komunikasi dan mengakhiri hubungan tanpa penjelasan.

10. Cushioning

Ketika seseorang mulai menggoda orang lain, meskipun dia sedang menjalin hubungan, maka dia memiliki rencana cadangan setelah melajang.

11. Almosts

Ketika seseorang bertindak seakan dia tertarik dan bahkan mulai memperlakukan Anda seperti pasangan, tetapi menolak untuk memberi kejelasan atau kepastian pada hubungan tersebut.

12. Benching/Breadcrumbing

Mereka tidak merencanakan kencan, namun mengikat Anda melalui pesan dan panggilan demi membuat Anda menetap dalam daftarnya tanpa ada niat untuk berkencan.

13. Negging

Mereka menghina Anda dengan pujian backhanded untuk merusak kepercayaan diri Anda. Misalnya dengan kalimat, "Aku biasanya tidak berkencan dengan wanita sepertimu, tapi kau berbeda".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.