Sukses

5 Cara Pertahankan Warna Cat Rambut Menurut Ahli

Berikut ini berbagai cara untuk menjaga warna rambut Anda bertahan lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa individu terobsesi untuk tetap mempertahankan rambut yang berwarna. Namun, terkadang warna cat rambut tidak mampu bertahan lama. Itu salah satunya karena tidak mampu merawat rambut dengan baik.

Seiring berjalannya waktu, warna cat rambut mulai memudar karena berbagai alasan. Hal itu membuat rambut terlihat kurang berkilau. Mengatasi hal ini, salah satu Dokter Kulit Monica Kapoort pun akhirnya membagikan tips merawat warna rambut agar bertahan lama.

Melansir Timesnownews, Kamis (26/1/2023), berikut ini berbagai cara untuk menjaga warna rambut Anda bertahan lebih lama.

1. Gunakan Produk Bebas Sulfat

Anda bisa menggunakan produk bebas sulfat ketika mencuci rambut berwarna. Sulfat yang ada dalam produk rambut bertanggung jawab untuk menghasilkan busa saat dicampur dengan air. Nah, sulfat bersifat deterjen dan menghilangkan minyak alami, hidrasi, dan kelembapan rambut. Selanjutnya dapat menghilangkan lipid bebas yang ada di kutikula rambut. Setelah senyawa pelindung ini hilang, air dapat menembus dengan mudah, mengakibatkan hilangnya warna lebih cepat.

Oleh karena itu, beralihlah ke sampo dan kondisioner yang bebas sulfat dan aman untuk warna rambut demi demi memperpanjang vitalitas rambutwarna rambut.

2. Jaga Rambut Tetap Terhidrasi

Efek setelah pewarnaan rambut sebagian besar adalah hilangnya kelembapan. Jadi, jagalah agar rambut Anda tetap terhidrasi.

Namun, keramas atau menggunakan kondisioner saja tidak akan cukup. Dalam hal ini, deep conditioning membantu rambut mempertahankan kelembapannya, menjadikannya lembut dan berkilau.

Selain itu, merupakan ide bagus pula untuk mendapatkan perawatan minyak panas setidaknya tiga hari sebelum pewarnaan. Perawatan minyak panas tidak hanya menutrisi rambut tetapi juga melindunginya dari kekeringan karena semua bahan kimia dalam pewarna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Hindari Mencuci Rambut Dengan Air Panas

Air panas cenderung membuka kutikula, yang dapat menyebabkan warna rambut lebih cepat memudar. Jadi, untuk mencuci rambut yang diwarnai mulailah dengan air hangat untuk mempersiapkan rambut agar sampo membersihkan lebih baik dan kondisioner untuk menutrisi lebih dalam. Setelah selesai dikondisikan, bilas rambut Anda dengan air dingin untuk mengunci semua hidrasi.

Perlu diketahui, mencuci rambut berwarna dengan air panas dapat membuat warna memudar lebih cepat daripada biasanya. Ini menghilangkan minyak alami rambut dan memudarkan warna secara luar biasa. Jadi, dianjurkan untuk menyesuaikan suhu air menjadi suam-suam kuku atau dingin saat mencuci rambut.

4. Lindungi Rambut Dari Panas

Rambut berwarna lebih rentan terhadap kerusakan dan panas. Agar warna rambut tetap terlihat segar, sangat penting untuk mengurangi paparan panas dari pengering rambut, pelurus, dan alat pengeriting rambut. Gunakan semprotan pelindung panas yang baik untuk meminimalkan efek panas yang merusak pada rambut. Panas yang tinggi tidak baik untuk rambut yang diwarnai dan akan membuatnya kehilangan kelembapan.

5. Gunakan Masker Rambut Protein Untuk Nutrisi Ekstra

Anda perlu menggunakan masker rambut secara rutin. Sebelum keramas, coba oleskan masker rambut satu jam sebelumnya untuk melembabkan rambut secara mendalam. Masker rambut protein sangat bagus karena akan membantu memperbaiki rambut yang rusak. Masker rambut yang menutrisi berfungsi sebagai kondisioner bertenaga tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan rambut secara signifikan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.