Sukses

4 Jenis Umbi Sayur Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Liputan6.com, Jakarta Penderita diabetes perlu berhati-hati saat mengonsumsi makanan. Sebab, kadar gula darah dalam tubuh tidak boleh lebih atau pun kurang. Jadi, perlu asupan beberapa makanan untuk mengontrol kadar gula darah tersebut.

Salah satunya makanan yang berasal dari akar-akaran kaya akan nutrisi mikro. Beberapa di antaranya sangat baik untuk penderita diabetes yang mencari pilihan makanan sehat untuk mengontrol gula darah.

“Jika Anda menderita diabetes, Anda perlu lebih berhati-hati dengan apa yang Anda makan, seperti mengatur darah. kadar gula adalah suatu keharusan bagi Anda," kata Ilmuwan Kebugaran dan Gizi, Co-Founder- Food Darzee Siddhant Bhargava seperti melansir Hindustan Times, Kamis (1/12/2022).

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut, berikut ini makanan yang berasal dari akar tumbuhan baik untuk penderita diabetes seperti saran Bhargava. Makanan ini dapat mengelola kadar gula darah secara efektif.

1. Lobak Turnip

Sayuran akar rendah karbohidrat, lobak, kaya serat dan kaya air. Selain mengontrol kadar gula darah, lobak juga dikenal mampu meningkatkan pemrosesan usus dan membantu menurunkan kolesterol.

2. Bit

Buah bit dapat membantu menurunkan komplikasi diabetes, seperti kerusakan saraf dan kerusakan mata. Selain itu, asam alfa-lipoat yang ditemukan dalam bit juga membantu mengurangi kerusakan saraf pada orang dengan kadar gula darah tinggi. Selanjutnya, nutrisi penting, seperti betalain dan neo betanin, membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Wortel

Wortel menjadi sayuran tambahan yang bagus untuk diet sehat terlebih jika Anda menderita diabetes. Sayur satu ini dikemas dengan banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi kadar gula darah, seperti vitamin A dan serat.

4. Lobak Radish

Terakhir masih dalam kelompok lobak yaitu lobak radish. Lobak ini mengandung senyawa kimia, seperti glucosinolate dan isothiocyanate, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Perlu diketahui, mengonsumsi lobak juga dapat meningkatkan produksi adiponektin alami tubuh, hormon yang melindungi Anda dari resistensi insulin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS