Sukses

Pemeriksaan Mata Gratis bagi 100 Guru Aktif dan Purnabakti SMAN 4 Jakarta

Memperingati Hari Guru Nasional 2022, JEC Eye Hospitals & Clinics bersama Himpunan Alumni SMAN 4 (HIMALS4) menggelar pemeriksaan atau skrining mata gratis kepada 100 guru aktif dan purnabakti, serta staf SMAN 4 Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Memperingati Hari Guru Nasional 2022, JEC Eye Hospitals & Clinics selaku eye care leader di Indonesia, bersama Himpunan Alumni SMAN 4 (HIMALS4) menggelar pemeriksaan/skrining mata gratis kepada 100 guru aktif dan purnabakti, serta staf SMAN 4 Jakarta. Skrining mata merupakan langkah awal untuk mendeteksi tanda-tanda gangguan penglihatan guna mengantisipasi risiko-risiko yang lebih mengkhawatirkan, termasuk kebutaan.

Dalam menjalankan peran tersebut, para guru tentunya harus didukung dengan kesehatan yang prima, tak terkecuali pada organ mata yang sangat vital dalam proses pendidikan siswa di sekolah.

Terlebih, mengajar merupakan aktivitas yang melibatkan indra penglihatan secara intensif. Mulai dari mengawasi situasi dalam kelas, membantu anak didik dalam menulis dan menggambar, sampai kontak mata untuk membangun kepercayaan diri para murid. Karenanya, skrining mata secara rutin bagi guru sangatlah penting

Tak hanya lantaran berkaitan erat dalam proses mengajar siswa, pentingnya kesehatan mata juga tak lepas dari concern global yang disuarakan WHO. Organisasi Kesehatan Dunia ini mencatat bahwa gangguan penglihatan sangat berdampak pada kualitas hidup masyarakat usia dewasa.

Kalangan dewasa dengan gangguan penglihatan seringkali memiliki tingkat partisipasi dan produktivitas tenaga kerja yang lebih rendah serta tingkat depresi dan kecemasan yang lebih tinggi. Perlu diketahui, mayoritas penyandang gangguan penglihatan dan kebutaan berusia di atas 50 tahun - atau sekitar 81 persen dari 253 juta orang.

Di Indonesia Kementerian Kesehatan mencatat, diperkirakan 3 dari 100 orang berusia lebih dari 50 tahun mengalami kebutaan - atau sekitar 1,6 juta orang (berdasarkan survei Rapid Assessment of Avoidable Blindness). Angka yang cukup mengkhawatirkan.

Terdorong situasi tersebut, dan mengambil langkah antisipatif untuk mendukung kesehatan mata para guru, JEC bersama Himpunan Alumni SMAN 4 (HIMALS4) menggagas pemeriksaan mata gratis bagi 100 guru aktif dan purnabakti, serta staf SMAN 4 Jakarta. Inisiatif ini juga merupakan bentuk ekspresi penghargaan yang setinggi-tingginya dan ungkapan terima kasih kepada para guru - sejalan dengan Peringatan Hari Guru Nasional 2022.

Selain pemeriksaan mata gratis, JEC secara konsisten menghadirkan berbagai inisiatif sosial berkelanjutan guna mencapai visi perusahaan: optimalisasi penglihatan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Sebelumnya, JEC telah menjalankan “Bakti Katarak JEC” (operasi katarak gratis) secara berkala, dan baru-baru ini meluncurkan “Bakti Sosial Operasi Mata Juling JEC” (operasi gratis untuk pemulihan penglihatan bagi penderita strabismus). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini