Sukses

Optimalisasi Peran Data dan Digitalisasi untuk Mencapai Sustainability

Liputan6.com, Jakarta Seiring berkembangnya bahasan tentang dampak perubahaniklim pada kualitas lingkungan hidup di dunia, sustainability menjadi isu yang semakin ramaidibicarakan dan diterapkan di berbagai aspek. Tidak hanya terkait lingkungan hidup,sustainability juga mencakup employment dan decent work for all, seperti yang tercantum dalamSustainable Development Goals (SDGs). Sustainability berkaitan erat dengan misi three zeros,yakni zero emission (nol emisi), zero waste (nol limbah), dan zero inequality (nol ketidaksetaraan).Topik ini juga menjadi isu yang hangat dibicarakan dan menghasilkan beberapa rekomendasipada KTT G20 di Bali, pekan lalu.

Riset yang dilakukan SAP dan Oxford Economics menemukan pendorong sekaligus tantanganutama penerapan sustainability adalah kepatuhan terhadap mandat regulasi. Riset itu jugamenunjukkan bahwa investasi pada data menjadi kunci meningkatkan hasil keberlanjutan.

Untuk itu, SAP Indonesia (NYSE: SAP) sebagai perusahaan penyedia solusi proses bisnis, berkomitmenmendukung penerapan program sustainability di Indonesia dalam proses bisnis perusahaandengan mengedepankan peran data dan digitalisasi.

Hasil penelitian SAP dan Oxford Economics yang menemukan bahwa sekitar 46% sektor bisnis diIndonesia telah memiliki rencana sustainability yang matang. Salah satu faktor keberhasilan penerapan rencana sustainability adalahpengelolaan data yang akurat untuk membantu perusahaan mencapai tujuan sustainability-nya.

Adaro Energy Indonesia, yang merupakan salah satu pelanggan SAP, adalah perusahaan yangbergerak di sektor tambang dan energi. Dalam upaya menerapkan sustainability, Adaro merencanakannya dengan menyusun program-program keberlanjutan dan mengadakan program pengelolaan lingkungan hidup melalui upaya pengurangan dan pengelolaan emisi karbon yang terstruktur dan sistematis. Pelaporan kinerja terkait dengan program sustainability yang dilakukan Adaro Energy setiap tahunnya bisa diakses secara publik di laman website Adaro.

Selain itu PT Petrosea Tbk, sebuah perusahaan multi-disiplin jasa pertambangan dan rekayasa & konstruksi dengan jejak langkah lebih dari 50 tahun, juga memercayai layanan SAP dalammenunjang berbagai inisiatif keberlanjutan dengan digitalisasi. Dalam implementasinya, tentu Petrosea menghadapi beberapa tantangan di tahap awal karenaSDM di lapangan membutuhkan training untuk menggunakan teknologi tersebut. Namun problematika ini dapat teratasi dengan pelatihan terus menerus yang dilakukan untuk menambah keterampilan SDM serta proses perbaikan berkelanjutan.

Transformasi digital memegang peranan besar mendorong SAP Indonesia menegaskan komitmennya membantu inovasi bisnis yang sustainable dengan menggunakan perkembangan teknologi digital melalui pengolahan data yang efektif secara cepat dan tepat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS