Sukses

2 Telur Tidak Cukup Protein untuk Sarapan, Coba Tambahkan Makanan Ini Menurut Ahli

Anda mungkin pernah mendengar bahwa makan dua telur ketika sarapan menawarkan protein yang cukup.

Liputan6.com, Jakarta Telur menjadi salah satu pilihan makanan yang dikonsumsi untuk sarapan. Namun, mengonsumsi telur saja sebenarnya tidak cukup. Perlu makanan tambahan agar kuat menjalankan aktivitas penuh seharian.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa makan dua telur ketika sarapan menawarkan protein yang cukup. Memang benar bahwa Anda membutuhkan banyak protein untuk sarapan. Oleh karena itu, tidak sedikit yang mengonsumsi telur ini.

Namun, Brierley Horton dan Vanessa Rissetto menggarisbawahi beberapa hal terkait persoalan ini.

Risetto mengatakan bahwa rekomendasi asupan protein harus didasarkan pada ukuran, tingkat kebugaran, usia, dan tujuan individu. Akan tetapi secara umum, kira-kira 25-40 gram cukup baik untuk memulai sarapan.

Selain itu, Horton juga mencatat bahwa ada cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makan sekitar 30 gram protein setiap kali makan membantu menjaga otot dan berat badan yang sehat.

“Makan dua telur setiap pagi hanya memberi Anda sekitar 12 gram protein,” kata Horton seperti melansir Well and Good, Selasa (22/11/2022). "Untuk memenuhi ambang batas 30 gram itu, Anda harus meningkatkan asupan atau lapisan telur dalam sumber protein lain," tambahnya.

Perlu diingat, meningkatkan asupan protein bukan hanya tentang membangun lebih banyak massa otot tanpa lemak. Mencukupi asupan ini memang sangat penting demi umur panjang, meningkatkan kesehatan kulit dan kuku, dan menjaga sistem kekebalan yang kuat. Cukup melakukan beberapa penyesuaian saat sarapan dapat membantu Anda merasa lebih berenergi dan fokus sepanjang hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara meningkatkan asupan protein

Tidak ada salahnya memilih telur sebagai santapan pagi. Bagaimanapun, telur dianggap pembangkit tenaga nutrisi oleh ahli diet. Selain itu, juga menawarkan kombinasi protein, lemak, vitamin, dan mineral. Telur sebenarnya adalah sumber utama dari beberapa nutrisi yang sulit didapat, terutama bagi vegetarian, seperti kolin, seng, vitamin B12, untuk membantu Anda memulai hari dengan kuat.

Namun, Rissetto mengatakan bahwa sangat penting untuk memanfaatkan makan pagi ini sebaik-baiknya dengan memasukkan protein, lemak, dan karbohidrat dalam jumlah yang cukup selain telur Anda.

"Formula ini penting untuk setiap makan, tetapi sangat penting saat sarapan karena makan pertama Anda hari itu akan mengatur kadar gula darah, tingkat energi, dan banyak lagi," katanya.

Jadi, apa yang harus ditambahkan?

“Jika telur adalah pilihan Anda, carilah cara mudah untuk meningkatkan jumlah protein,” kata Horton. "Terkadang itu bisa sesederhana melipat kacang ke dalam telur orak-arik Anda atau memilih roti berprotein tinggi atau muffin Inggris untuk membuat sandwich telur."

Horton juga suka menyajikan telur orak-arik dengan tambahan protein tinggi, seperti keju cottage, daging tanpa lemak seperti kalkun, atau roti bakar hangat dengan banyak selai kacang untuk sarapan yang mudah dan memuaskan.

Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk menambahkan karbohidrat kompleks dan serat untuk melengkapi sarapan telur Anda. Yoghurt parfait dengan buah dan granola juga bisa menjadi tambahan yang lezat untuk orak-arik telur, begitu juga dengan smoothie buah yang kaya protein.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.