Sukses

Ini Dia 5 Bahan Alami Jadi Solusi Mencerahkan Ketiak yang Gelap

Liputan6.com, Jakarta Meski sering tertutup pakaian, ketiak juga perlu dirawat agar tetap mulus dan cerah. Namun, beberapa individu mungkin sering mengeluhkan warna ketiak yang lebih gelap dan terasa kering.

Tidak perlu khawatir akan hal itu karena ada beberapa bahan alami yang dianggap mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Jika Anda seorang penggila kecantikan yang sedang mencari tips untuk mencerahkan ketiak, ada setidaknya lima bahan alami yang dapat membantu. Bahan tersebut seperti kentang, minyak kelapa, lidah buaya, tepung beras, dan kunyit.

Sebelum mengetahui lebih lanjut, Anda sebaiknya perlu tahu dulu bahwa ada banyak penyebab ketiak mengalami perubahan warna. Ketiak sangat halus dan sensitif.

Jadi, lebih baik jangan terlalu memanjakan diri dengan scrubbing dan cobalah untuk menghindari deodoran dan roll-on berbahan dasar alkohol.

Biarkan ketiak bernapas dan selamatkan kulit pisau cukur yang dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam dan iritasi kulit. Cari tanda-tanda pra-kerusakan yang disebabkan dan obati oleh dokter kulit Anda sebelum Anda memulai pengobatan rumahan apa pun.

Jika Anda tengah berjuang untuk menghilangkan ketiak yang berwarna gelap, berikut ini bahan alami yang dapat membantu seperti melansir Pinkvilla, Selasa (22/11/2022).

Kentang

Sayuran coklat ini dikemas dengan enzim katekolase yang berfungsi sebagai zat pemutih. Pilih kentang mini yang ideal untuk ketiak Anda dan cuci bersih. Setelah diparut, letakkan di dalam penggiling untuk mengekstrak jusnya. Gunakan dua bola kapas untuk menyebarkan ramuan ajaib ini di ketiak Anda. Bilas dengan air dingin setelah 20 menit. Anda dapat mencoba ini setiap hari.

Minyak Kelapa

Vitamin E dalam minyak kelapa ini berfungsi sebagai agen pencerah kulit. Cuci tangan dan ketiak Anda. Oleskan dan pijat minyak dengan lembut, ini juga akan mencegah kekeringan. Bilas dan keringkan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Lidah Buaya

Tanaman sukulen ini tidak hanya menenangkan dan melembabkan kulit, tetapi juga bekerja secara positif saat dioleskan pada kulit yang baru saja di-wax. Selain itu, bahan ini juga dapat mengurangi kemerahan dan melembutkan kulit Anda. Sifat kimiawi yang ada pada tanaman hijau ini, seperti aloin dan aloesin, diketahui dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi.

Namun, pertama-tama, lakukan uji tempel cepat pada kulit dan lihat apakah Anda alergi terhadap lidah buaya atau tidak. Anda dapat mengoleskan gel organik setiap hari setelah mandi dan membersihkannya setelah 15 menit.

Tepung Beras

Dipuji karena kemampuannya menyerap produksi minyak berlebih, tepung beras adalah exfoliant alami yang luar biasa yang membantu membuka pori-pori untuk membersihkan kotoran yang terkumpul. Untuk menggunakannya, ambil 2 sendok makan tepung beras dan campurkan dengan 1 1/2 sendok makan minyak zaitun.

Kunyit

Sebagai sumber sifat antibakteri yang kuat, bahan ini dapat membantu menenangkan kulit yang gatal dan mencerahkannya secara bersamaan.

Anda bisa membuat pasta sederhana dengan 1/2 sendok teh kunyit, setetes madu, dan 1 sendok makan susu (jangan terlalu encer, atur sesuai keinginan Anda). Oleskan bahan ini di ketiak Anda dan pertahankan selama 15 menit. Tindak lanjuti dengan mencuci air dingin dan gunakan kain katun untuk mengeringkannya.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.