Sukses

Air Es Jadi Bahan Sederhana Facial Wajah di Rumah, Ini Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Selain di dokter kecantikan, facial wajah juga bisa dilakukan di rumah dengan bahan sederhana yaitu air es. Jangan salah sangka, ternyata ritual perawatan kulit ini mampu memberikan manfaat bagi kulit khususnya area wajah.

Facial wajah menggunakan air es menjadi salah satu perawatan kulit yang cukup sederhana. Caranya, Anda bisa mengisi mangkuk dengan air dan es, lalu rendam seluruh wajah Anda di dalamnya selama 20 hingga 30 detik.

“Fream dingin seluruh tubuh telah terjadi selama berabad-abad,” ujar Dermatolog bersertifikat Geeta Yadav seperti melansir Well and Good, Senin (14/11/2022).

Faktanya, pemandian es pun sudah ada sejak zaman kuno. Ketika orang Yunani dan Mesir kuno menggunakan perendaman air dingin untuk meredakan kelelahan otot dan iritasi kulit. Berkedip maju ke abad ke-21, "celupan wajah ke dalam air es adalah perkembangan alami," tambah Yadav.

Manfaat Facial Air Es

“Air dingin mengurangi peradangan sekaligus memberi energi pada kulit,” kata Yadav.

Dia menambahkan, menghilangkan peradangan dapat membantu mengurangi sementara kemerahan atau nyeri pada noda dan kulit rawan rosacea.

Saat kulit Anda berinteraksi dengan suhu super dingin, hal itu menyebabkan pembuluh darah di bawah permukaannya menyempit. Ini mengurangi aliran darah ke area itu, yang mengurangi kemerahan, bengkak, dan bengkak.

Ketika wajah kembali ke homeostasis alias suhu normal, kapiler Anda akan terbuka kembali dan Anda akan mendapatkan flush yang bagus dan tampak segar.

"Air dingin membantu memberikan vitalitas dan warna lebih pada wajah Anda. Ini juga meningkatkan kecerahan kulit Anda dengan melancarkan sirkulasi dan secara harfiah membangunkan kulit Anda," tambah dokter kulit bersertifikat Sheel Desai Solomon.

“Karena air dingin mampu mengecilkan pori-pori, itu juga sesuatu yang dapat membantu membuat wajah Anda kurang berkilau. Itu karena melalui pori-pori Anda minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous mencapai permukaan kulit Anda. Dengan ukuran pori-pori Anda jauh lebih besar. dikurangi, jumlah minyak yang menutupi wajah Anda dapat dijaga agar tetap minimum,” jelasnya lebih lanjut.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.