Sukses

Shipper Tingkatkan Kapasitas UMKM dengan Strategi dan Peluang Bisnis

Legendary Brand Festival menjadi katalisator antara brand besar yang sudah mapan dengan 1,500 pelaku UMKM melalui sesi pendampingan, diskusi interaktif, bazaar offline, dan live selling festival

Liputan6.com, Jakarta Guna meneruskan dukungan untuk menemani UMKM berjuang hadapi resesi global tahun depan, Shipper sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan solusi logistik dan gudang digital pintar terintegrasi akan menyelenggarakan event “Legendary Brand Festival” pada Maret 2023 mendatang dengan tema ‘Strategi dan Peluang UMKM Indonesia untuk Menghadapi Resesi Global Tahun 2023’.

Festival ini bertujuan sebagai katalisator antara brand besar yang sudah mapan dengan para pelaku UMKM agar dapat meningkatkan kapasitas mereka dalam menghadapi risiko ekonomi tahun 2023.

Dalam Dialog Inspirasi Pahlawan Ekonomi yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, Aktris dan pelaku bisnis Zaskia Adya Mecca, CEO USS Networks Sayed Muhammad, dan Staf Ahli Kemenko Bidang Perekonomian, Irfan Wahid, Legendary Brand Festival 2023 akan diselenggarakan secara hybrid dengan beberapa kegiatan konferensi, mentoring, pameran, live selling, hingga penganugerahan penghargaan.

 

 

Setidaknya 10.000 UMKM/brand akan bergabung pada acara ini dengan 70% diantaranya adalah pelaku usaha dari daerah. Dalam festival ini, UMKM akan mendapat akses perluasan pasar khususnya secara offline di pusat perbelanjaan terkemuka di Jakarta, branding skala nasional, dan kolaborasi dengan brand legendaris maupun sesama pelaku UMKM.

Rangkaian acara Legendary Brand Festival meliputi Exhibition yang mempromosikan produk UMKM terpilih, Mentoring 1,500 UMKM terpilih agar mereka dapat berkonsultasi langsung dengan para pemilik brand legendaris, Live Selling di TikTok untuk UMKM terpilih bersama 100 UMKM lainnya di seluruh Indonesia untuk meningkatkan penjualan, Conference di mana puluhan brand legendaris akan membagikan kisah sukses mereka, dan Awarding Night sebagai apresiasi “Pahlawan Ekonomi Indonesia” untuk beberapa brand legendaris dan UMKM yang telah berkontribusi membangun perekonomian nasional selama beberapa dekade.

Pada dialog tersebut bahwa dalam menghadapi tantangan resesi, UMKM dapat terus mengoptimalkan penjualan online, melakukan inovasi produk, dan melakukan terobosan marketing dan strategi penjualan termasuk mengangkat unique selling point produk. Mereka juga dapat mengeksplorasi teknik storytelling dengan menceritakan proses dan tokoh di balik produksi seperti pemberdayaan masyarakat yang mengusung konsep berkelanjutan untuk menambah nilai tambah produk.

Dialog juga membahas perkembangan teknologi dan media sosial serta strategi memenangkan persaingan pasar dengan cekatan dan inovatif dalam memanfaatkan tren yang ada di masyarakat. Menjawab kebutuhan ini, Shipper pada 2023 telah menyiapkan serangkaian program yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan kualitas UMKM serta perluasan akses pasar melalui berbagai acara festival produk, live shopping, dan rebranding.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini