Sukses

Mau Punya Jantung Sehat, Hindari Dulu 5 Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Demi menjaga jantung sehat, setiap individu perlu peduli dengan memilih asupan makanan sehari-hari yang tepat. Pilihlah makanan yang baik untuk jantung dan hindari yang membuat jantung tidak sehat.

Lantas, apa saja makanan yang sebaiknya dihindari agar jantung tetap sehat?

Dilansir dari CNBC, Rabu (26/10/2022), berikut ini daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan demi menjaga kesehatan jantung.

1. Roti

Banyak orang terkejut mengetahui bahwa roti dan makanan yang dipanggang adalah beberapa penyumbang natrium terbesar dalam makanan.

Konsumsi natrium yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke .

Bagel polos, misalnya, dapat mengandung 500 miligram sodium, yaitu sekitar sepertiga dari yang direkomendasikan oleh American Heart Association per hari untuk kebanyakan orang dewasa.

Tepung halus dalam roti juga bisa membuat gula darah kita melonjak. Ingat pula, hanya karena warnanya cokelat, itu tidak membuatnya lebih baik.

2. Margarin

Terlalu banyak mentega tidak sehat untuk jantung, tetapi alternatif seperti margarin tidak selalu lebih baik.

Dulu ada lebih banyak lemak trans - yang meningkatkan kolesterol “jahat” dan menurunkan kolesterol “baik” - dalam margarin sebelum FDA menerapkan larangan minyak terhidrogenasi parsial pada tahun 2015. Tapi hanya karena asam lemak trans hilang, itu tidak tidak membuat margarin otomatis baik untuk kita.

Banyak di pasaran dibuat dengan minyak kelapa sawit, yang mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi yang dapat meningkatkan kolesterol Anda.

Margarin yang terbuat dari minyak zaitun atau minyak rami adalah pilihan yang lebih baik. Minyak zaitun hanya mengandung sedikit lemak jenuh dan tidak mengandung lemak trans.

3. Susu skim

Susu dan produk susu yang mengandung lemak susu merupakan sumber utama asam lemak jenuh. Sementara itu, susu skim juga mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Susu almond, jambu mete, dan kacang macadamia lebih tinggi lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung, seperti juga susu kedelai, rami, dan rami.

Jika Anda minum susu karena merupakan sumber kalsium yang baik, ketahuilah bahwa kalsium dapat ditemukan dalam banyak makanan yang berbeda.

Almond, brokoli, kangkung, jeruk, kacang-kacangan, edamame, buah ara, dan salmon kalengan adalah pilihan sehat jantung yang dapat menambahkan lebih banyak kalsium ke dalam makanan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

4. Soda Diet

Ini mungkin tidak mengandung gula apa pun, tetapi soda diet masih bisa mengacaukan biokimia Anda. Studi terbaru mengungkapkan bahwa pemanis buatan yang ditemukan dalam soda diet dapat memengaruhi produksi protein penting dalam usus yang melindungi dari obesitas dan diabetes.

Untuk pilihan minuman yang menyegarkan, Anda bisa mencoba teh, yang penuh dengan senyawa sehat jantung yang membantu melawan peradangan dan kerusakan sel. Teh hitam dan hijau telah dikaitkan dengan risiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah.

Pilihan bagus lainnya adalah segelas air soda dengan beberapa buah segar dan daun mint.

5. Granola Bar

Meskipun mungkin terdengar sehat, sebagian besar batangan granola mengandung lebih dari sekadar gandum, kacang-kacangan, dan buah-buahan yang biasanya disorot di bagian depan kemasan.

Banyak juga yang datang dengan tambahan gula, pemanis buatan dan bahan kontraproduktif lainnya, seperti minyak kelapa sawit.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS