Sukses

Langkah Mudah Rutinitas Perawatan Kulit Harian Terbaik Ala Dokter Kulit

Perawatan kulit wajah harian

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin memulai rutinitas perawatan kulit yang tepat, perlu mengetahui dari mana harus memulai dan apa yang mestinya diingat saat membangun rutinitas terbaik untuk kulit.

Buat yang ingin tahu, berikut beberapa langkah atau tips merawat kulit melansir laman goodhousekeeping, Selasa (11/10/22):

 Tiga Langkah Rutin Perawatan Kulit Utama

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari rejimen perawatan kulit harian, apa pun jenis kulit yang dimiliki, Anda harus memulai dengan tiga langkah sederhana.

Ini diungkapkan dokter kulit dan pemilik serta pendiri Manhattan Dermatology, Ashley Magovern di Manhattan Beach, California:

-          Membersihkan

-          Merawat

-          Melembabkan

Selain menjaga kulit Anda dalam kondisi prima, tujuan dari setiap rutinitas perawatan kulit yang baik adalah untuk menargetkan area bermasalah.

Jadi, merawat berarti menggabungkan serum atau krim yang dikemas dengan bahan perawatan kulit yang bermanfaat tergantung pada jenis kulit Anda dan hasil yang ingin dilihat.

 "Menambahkan langkah tengah di antara komponen pembersih dan pelembab sangat penting, Ini dapat membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu dan dalam kesehatan, penampilan, dan penuaan kulit Anda," jelas dia.

Konsisten

Hal-hal baik datang kepada mereka yang menunggu dan itu termasuk rutinitas perawatan kulit. Bahkan produk perawatan kulit terbaik pun membutuhkan waktu untuk bekerja, jadi jangan mengharapkan hasil dalam semalam.

Jika Anda tetap berpegang pada rutinitas harian yang konsisten, mungkin dapat melihat beberapa manfaat dalam waktu enam hingga 12 minggu dan seringkali dibutuhkan setidaknya tiga hingga empat bulan untuk mengetahui apakah rutinitas baru Anda benar-benar berhasil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rutinitas Lainnya

Di sini, rutinitas perawatan kulit harian terbaik yang disetujui dokter kulit untuk pagi dan malam, termasuk langkah-langkah dasar yang harus ada di setiap rejimen di rumah untuk kulit berminyak, kering, kombinasi, atau rawan jerawat.

Langkah Rutinitas Perawatan Kulit Pagi

1. Pembersih

Pembersihan wajah harus menjadi langkah pertama dalam setiap rutinitas perawatan kulit, karena membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori dan kulit kusam. Tapi bersikaplah lembut.

 “Masih banyak orang membersihkan terlalu banyak atau  sering dan dengan pembersih yang terlalu keras, yang sebenarnya akan merusak pelindung kulit Anda,” kata Dr. Magovern.

Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, cobalah mencuci hanya di malam hari dan bilas wajah Anda dengan air di pagi hari.

Formula terbaik akan membersihkan kulit Anda dengan lembut tanpa menghilangkan minyak sehatnya.

“Pembersih bebas sulfat dan sabun yang [baik] untuk wajah akan memiliki pH seimbang dan lembut untuk menjaga penghalang kulit tanpa pengelupasan,” kata Whitney Bowe, seorang dokter kulit New York City dan penulis The Beauty of Dirty Skin.

Untuk pembersihan sehari-hari, berikut cara berbelanja pembersih wajah terbaik tergantung pada jenis kulit Anda:

- Kulit berminyak: Pembersih berbusa atau gel akan memastikan pembuangan kotoran dan minyak berlebih dari kulit Anda; bahan-bahan seperti niacinamide dan asam salisilat dapat membantu mengatur dan menghilangkan minyak be

- Kulit rawan jerawat: Pembersih berbusa lembut dengan bahan pelawan jerawat seperti asam salisilat, asam glikolat, benzoil peroksida atau belerang adalah pilihan terbaik Anda.

- Kulit kering: Carilah formula krim atau balsem dengan bahan-bahan yang menghidrasi seperti ceramide, gliserin, asam hialuronat, dan minyak nabati.

- Kulit sensitif: Cobalah air misel, pembersih ultra lembut yang mengandung partikel kecil yang disebut misel yang menjebak kotoran dan mengangkatnya tanpa mengeringkan kulit Anda dalam prosesnya.

2. Toner

Toner adalah cairan perawatan kulit berbasis air yang dioleskan ke kulit kering setelah pembersihan wajah menggunakan jari, bola kapas atau kain, dan sebelum menggunakan perawatan kulit seperti serum dan pelembab.

Toner yang baik dapat membantu memastikan kulit Anda benar-benar bersih dan bebas kotoran, plus memberikan dosis ekstra bahan aktif.

Anda tidak memerlukan toner, tetapi mengoleskannya bisa menjadi cara yang bagus untuk menyegarkan kulit, menghilangkan sisa kotoran dan menyeimbangkan pH.

Dan jika Anda mencari manfaat tambahan untuk memurnikan dan mencerahkan kulit, toner saat ini jauh lebih canggih daripada formula.

berbasis alkohol dan zat yang mengeringkan dahulu kala, dikemas dengan manfaat meningkatkan kulit yang dapat membuat Anda bersinar. Berikut adalah bahan-bahan yang ingin Anda cari, berdasarkan jenis kulit Anda:

- Jika Anda memiliki kulit berjerawat, carilah toner dengan asam hidroksi, termasuk asam salisilat dan asam laktat, yang dapat meningkatkan pergantian sel.

- Untuk kulit kering atau sensitif, carilah toner yang menghidrasi (atau saudara perempuannya, esens) yang dibuat tanpa alkohol dan dengan bahan-bahan seperti gliserin dan asam hialuronat untuk menenangkan.

- Untuk kulit kombinasi, carilah exfoliant yang lembut, booster hidrasi dan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E dan teh hijau, yang dapat memerangi radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit.

- Untuk kulit berminyak, cari astringents, seperti alkohol atau witch hazel, yang mengencangkan pori-pori.

3. Serum

Serum yang disesuaikan dengan masalah kulit dapat merawat dan melindungi, memberikan sejumlah bahan kuat yang terkonsentrasi yang dapat mengatasi sejumlah masalah kulit, mulai dari kerutan hingga bintik hitam dan jika Anda memiliki banyak masalah, Anda dapat menggunakan beberapa formula serum yang berbeda.

Tetapi Anda harus membaca labelnya dengan cermat, karena beberapa serum paling baik digunakan di pagi hari, sementara yang lain ideal untuk malam hari.

Satu serum yang bisa dimanfaatkan di pagi hari yaitu serum antioksidan, yang akan mencegah pembentukan radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan dari waktu ke waktu. 

Selain serum antioksidan, Anda dapat mencoba serum anti-penuaan yang mengandung bahan-bahan berikut untuk mengatasi kerutan, garis halus, dan lainnya:

- Serum asam hialuronat untuk menarik kelembapan ke dalam kulit, melawan kekeringan dan kulit kusam, serta membuat kulit kenyal.

-  Niacinamide, suatu bentuk vitamin B3 yang mencerahkan dan meratakan warna kulit, meningkatkan produksi kolagen dan menenangkan peradangan.

- Retinoid untuk merangsang pergantian sel untuk meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerutan dan hiperpigmentasi (paling baik digunakan pada malam hari!).

- Peptida, terbuat dari asam amino, adalah bahan pembangun kolagen dan dapat meningkatkan produksinya untuk menghaluskan garis dan meningkatkan kekencangan kulit.

 

 

3 dari 4 halaman

Rutinitas Berikutnya

4. Krim Mata

Krim mata berbeda dari krim wajah karena diformulasikan secara khusus untuk area mata yang sensitif, yang menua lebih cepat daripada bagian wajah lainnya.

Krim ini juga termasuk dalam kategori "perawatan". Jika Anda khawatir tentang garis-garis halus, kerutan, kurangnya kekencangan, lingkaran hitam atau kantung mata, produk perawatan mata pasti sepadan.

- Untuk menargetkan lingkaran hitam, carilah niacinamide atau vitamin C

- Untuk bengkak, gunakan formula dengan kafein.

- Untuk kerutan dan kendur, carilah formula dengan peptida dan retinol. 

Saat mengoleskan di pagi dan malam hari, ketuk ringan pada formula yang ditargetkan untuk masalah area mata Anda, menggunakan jari manis Anda (paling lemah) untuk menghindari menarik kulit halus dan menyebabkan kerusakan.

5. Pelembab

Berikutnya adalah pelembab wajah, yang menjaga kulit Anda tetap lembut dan terhidrasi serta membantu memperkuat penghalangnya.

Jika Anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat, pilihlah pelembap yang lebih ringan di siang hari, seperti losion atau gel yang akan meresap dengan cepat dan tidak akan menumpuk di bawah riasan.

Jika kulit Anda lebih kering, cobalah formula yang lebih kental, seperti krim. 

“Cari bahan-bahan seperti ceramide atau asam hialuronat, karena bahan-bahan ini adalah bahan pembangun retensi kelembapan di kulit,” jelas Dr. David.

Berikut cara memilih formula pelembab, berdasarkan jenis kulit:

-  Kulit kering: Krim kaya yang dikemas dengan emolien, humektan, ceramide, dan oklusif adalah kunci untuk mengatasi kekeringan.

-  Kulit berminyak atau berjerawat: Carilah losion ringan atau formula berbasis gel berlabel "non-komedogenik" atau "bebas minyak.

- Kulit sensitif: Carilah formula yang hypoallergenic dan bebas dari iritasi potensial, seperti wewangian dan alkohol.

6. Tabir surya (Sunscreen)

Tabir surya adalah langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit apa pun, untuk setiap jenis dan usia kulit.

“Jika Anda tidak memakai tabir surya, Anda mungkin juga tidak melakukan langkah-langkah lain, matahari adalah alasan nomor satu kulit menua sebelum waktunya.” kata Dr. Magovern.

Oleskan tabir surya SPF 30 spektrum luas atau lebih tinggi seukuran nikel sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit pagi Anda, termasuk di leher dan punggung tangan Anda, 30 menit sebelum pergi keluar.

Jika Anda ingin meminimalkan langkah-langkah dalam rutinitas Anda untuk membuat segalanya lebih mudah, Anda dapat menggunakan pelembab harian akan SPF daripada menerapkan pelembab dan SPF secara terpisah.

 Ada dua jenis utama formula tabir surya:

- Tabir surya kimia dibuat dengan bahan kimia seperti avobenzone dan homosalate, yang menyerap sinar UV yang bersentuhan dengan kulit.

- Tabir surya fisik (alias tabir surya mineral) mengandung bahan mineral seperti seng oksida dan titanium dioksida, yang memantulkan sinar UV dari kulit.

 

4 dari 4 halaman

Langkah Rutin Perawatan Kulit Malam

Rutinitas malam hari Anda adalah waktu yang tepat untuk memastikan kulit mendapatkan nutrisi dan bahan aktif sebanyak mungkin, karena kulit beregenerasi dan memperbaiki dirinya sendiri saat Anda tertidur.

Anda masih akan mengikuti tiga langkah dasar yang sama yakni membersihkan, merawat, dan melembabkan. Tetapi di malam hari, rutinitasnya akan terlihat sedikit berbeda.

1. Pembersih

Pertama, hapus riasan dan kotoran hari itu. Mulailah dengan mengoleskan penghapus riasan terpisah jika diperlukan, untuk menghapus kosmetik apa pun.

“Pembersih tidak selalu dirancang untuk melarutkan riasan, terutama pada mata, dan belum begitu efektif dalam pengujian kami,” kata Senior Chemist GH Beauty Lab Sabina Wizemann.

Ikuti dengan pembersih yang sama seperti di pagi hari, bekerja dari bagian dalam wajah ke atas, lalu keluar dan ke bawah di sepanjang garis rambut dan perimeter hingga tepat di bawah dagu, sarannya.

 2. Toner

Jika Anda memilih toner, aplikasikan dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan di pagi hari. Karena berbentuk cair, toner harus digunakan sebelum formula yang lebih berat seperti serum dan pelembap sehingga memiliki kesempatan untuk diserap.

3. Serum atau Perawatan

Malam adalah waktu yang ideal untuk menggunakan produk dengan bahan yang berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati atau merangsang pergantian sel saat Anda tidur, seperti asam alfa hidroksi seperti asam glikolat atau retinol.

4. Krim Mata

Oleskan sedikit serum atau perawatan wajah Anda, atau krim mata terpisah jika Anda menggunakannya juga di pagi hari, di sekitar mata Anda.

“Anda tidak harus menggunakan banyak, tetapi jika Anda mulai melatih kulit untuk mentolerir produk yang lebih aktif di sekitar mata, Anda akan melihat lebih banyak perubahan,” jelas Dr. Magovern.

5. Pengobatan Jerawat

 Untuk jerawat kronis, jadilah proaktif daripada mengobati jerawat saat muncul, saran Dr. Magovern.

Jika Anda hanya merawat tempat itu, Anda akan mendapatkan jerawat tepat di sebelahnya jika kulit Anda tersumbat, berjerawat karena minyak menumpuk, jadi konsistenlah dengan rutinitas Anda untuk menjaga pori-pori di seluruh wajah Anda tetap bersih.

6. Krim Malam

Pelembab sangat penting di malam hari, karena menciptakan penghalang yang menyegel hidrasi alami kulit dan bahan aktif apa pun untuk melawan hilangnya kelembapan yang terjadi saat Anda tidur. Tetapi meskipun dapat menggunakan pelembab siang hari namun non-SPF di malam hari.

Menggunakan formula khusus malam hari akan memiliki manfaat anti-penuaan yang ditargetkan, memperbaiki kerusakan di siang hari.

"Sementara pelembap biasa fokus pada peningkatan penghalang kelembaban alami kulit saja, krim malam mengandung bahan aktif yang membantu memperbaiki kulit selain menambah kelembapan," jelas Tonya McLeod, dokter kulit di Charlotte, North Carolina.

7. Minyak Wajah/ face oil

Ini bukan langkah yang perlu, tetapi jika kulit Anda masih terasa kering, mengoleskan minyak wajah bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu mengunci kelembapan dalam semalam.

“Banyak orang berpikir bahwa jika mereka memiliki jerawat atau kulit berminyak, mereka akan keluar dengan minyak, tetapi itu tidak benar, justru dapat membantu melembutkan kulit, meningkatkan nutrisi," tegas Dr. Magovern.

Tepuk-tepuk minyak wajah sebagai langkah terakhir setelah sisa produk perawatan kulit Anda mengering pastikan untuk mengoleskannya dengan menekannya ke kulit , bukan menggosoknya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.