Sukses

Kerja Sama Dukung Energi Bersih Menuju G20

Penandatanganan Kerja Sama Master Sales Agreemen antara Utomo SolaRUV dan PT Masdar Mitra Solar Radiance akan mengakselerasi pengembangan dan akses distributed energy sebagai bagian pemenuhan dari strategi nasional

Liputan6.com, Jakarta Presidensi G20 menjadi momentum Indonesia mendorong upaya akselerasi transisi energi. Indonesia mempunyai kesempatan emas memaksimalkan diplomasi terkait isu global, yakni perubahan iklim, melalui pengambangan energi terbarukan. Indonesia memiliki sumber energi surya yang sangat melimpah dengan intensitas radiasi matahari rata-rata sekitar 4.8 kWh/m2 per hari. Bahkan, daerah Indonesia bagian timur memiliki intensitas radiasi matahari yang lebih tinggi. Akselerasi transisi energi bisa didorong dari pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Sebagai distributor dan pusat pelayanan resmi produsen panel surya Tier-1 merk LONGi, PT Utomo Juragan Atap Surya Indonesia–lebih dikenal dengan merk Utomo SolaRUV– terus membangun kerjasama strategis, salah satunya melalui kerjasama Master Sales Agreement dengan PT Masdar Mitra Solar Radiance. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan langsung oleh Anthony Utomo selaku Managing Director Utomo SolaRUV dan Widyatama Saptodewo selaku President Director Solar Radiance disaksikan langsung oleh Ketua Umum AESI (Asosiasi Energi Surya Indonesia) Fabby Tumiwa

“Kami selaku mitra produsen global modul surya LONGi di Indonesia tentu menyambut baik kerjasama strategis dengan pengembang PV Solar Radiance yang adalah bagian dari konglomerasi Masdar dan Mitrabara. Kerjasama ini akan mengakselerasi pengembangan dan akses Distributed Energy sebagai bagian pemenuhan dari strategi nasional kita untuk dekorbonisasi industri dan transisi energi bersih di Indonesia”, ungkap Anthony yang juga adalah Head of Business Development APLSI (Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia).

Utomo SolaRUV mendukung upaya akselerasi transisi energi oleh entitas bisnis menengah hingga besar. Komponen modul surya dipastikan berlabel SNI sesuai ketentuan Peraturan Menteri ESDM Nomor 2 Tahun 2021.

Proyek infrastruktur energi terbarukan juga tidak bisa dilupakan sebagai kelanjutan dari Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030 yang memberi porsi lebih banyak untuk energi hijau, salah satunya melalui pengembangan energi surya. Utomo SolaRUV juga menggandeng produsen inverter global, Sungrow, untuk menggarap potensi energi surya di Indonesia. Sebagai informasi, pada tahun 2021, Indonesia membangun PLTS berkapasitas kurang lebih sebesar 200 MW dimana 100 MW-nya memakai produk inverter Sungrow.

Kerjasama antara Utomo SolaRUV dan Solar Radiance diharapkan menjadi pemicu akselerasi transisi energi. Sebagai distributor resmi dan pusat service center produsen komponen PLTS Atap level dunia, Utomo SolaRUV menjamin kualitas dan mutu produk-produk yang mereka distribusikan ke konsumen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini