Sukses

Tidak Hanya Menyehatkan, Ini Dia 7 Manfaat Madu Buat Dunia Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Madu yang dihasilkan oleh lebah tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga untuk perawatan kecantikan. Lantas, apa saja manfaat madu untuk kecantikan?

Para lebah biasanya menyimpan madu di dalam cangkir heksagonal yang dikenal sebagai sarang madu. Madu mentah itu kemudian diekstraksi langsung dari sarangnya. Serbuk sari lebah, lilin lebah, dan sisa-sisa lebah yang sudah mati semuanya ditemukan dalam madu sarang. Pembuat madu biasanya akan menyaring madu mentah untuk menghilangkan kontaminan sebanyak mungkin.

Madu dikenal sebagai pemanis yang populer dan umum digunakan dengan beberapa manfaat kesehatan. Namun, manfaat madu ternyata bukan hanya itu. Madu memiliki khasiat yang bisa dimanfaatkan bagi dunia kecantikan.

Bahkan manfaat kecantikannya itu telah lama dikenal dan menjadi bahan populer dalam produk perawatan kulit. Sebab, madu bisa membuat kulit tampak lebih muda, meningkatkan cahaya, dan membuat kulit sangat halus.

Lebih lanjutnya, berikut ini manfaat madu untuk kecantikan seperti melansir laman The Sun Daily, Selasa (23/8/2022).

1. Kondisioner rambut

Madu dianggap sebagai kondisioner rambut alami yang membantu rambut mempertahankan kelembapan dan membuat rambut tampak halus. Antioksidan dan nutrisi madu memberi makan folikel rambut, menyebabkannya tumbuh kuat dan sehat.

Untuk menerapkannya, Anda cukup mengoleskan madu mentah ke rambut lembab sebelum keramas dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan ini secara teratur setidaknya selama 2-4 minggu. Madu yang kaya nutrisi itu akan membantu menyehatkan folikel rambut.

2. Mengobati jerawat dan membersihkan pori-pori

Madu secara inheren bersifat antimikroba. Itulah sebabnya madu menjadi pembersih wajah yang sangat baik.

Madu dianggap mampu membersihkan kotoran. Cukup dengan madu mentah dan air. Karena sifat antijamurnya, madu juga dapat digunakan sebagai pembersih untuk membantu mencegah beberapa jenis wabah. Madu dapat ditempatkan pada jerawat untuk membantu mereka sembuh lebih cepat untuk dampak yang lebih efektif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

3. Menurunkan berat badan

Minum air hangat dengan madu dan jeruk nipis di pagi hari dikatakan sebagai terapi anti selulit yang sangat baik karena membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika madu dikonsumsi sebelum tidur, tubuh mulai membakar lebih banyak lemak pada jam-jam awal tidur. Anda bahkan dapat melangkah lebih jauh dan mengganti semua gula rafinasi dalam diet dengan madu untuk mengatur ulang sinyal otak yang menyebabkan Anda mendambakan makanan manis.

4. Mandi

Mandi dengan infus madu bisa merelaksasi tubuh Anda. Menambahkan setengah cangkir madu dan secangkir susu penuh lemak ke bak mandi hangat untuk mandi mewah DIY yang benar-benar indah.

Caranya, aduk rata dan taburkan air dengan beberapa kelopak mawar organik. Berendam di bak mandi untuk waktu yang lama. Susu dan madu akan melembutkan kulit Anda.

5. Melembapkan kulit

Enzim kuat madu berfungsi sebagai humektan dan emolien alami yang nantinya akan menghidrasi kulit Anda secara alami. Kualitas-kualitas ini menjaga kulit tetap lembab bahkan setelah terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Sifat menghidrasi dan menenangkan madu mentah membuat kulit tampak halus, bercahaya, dan indah.

Untuk membuat kulit lembap, Anda bisa mengoleskan 1-2 sendok teh madu mentah ke wajah dan gosok dengan baik. Biarkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air.

 

3 dari 3 halaman

6. Mengurangi kerutan

Madu menghidrasi lapisan atas kulit dan membantu mengurangi kerutan dan garis-garis halus. Selain itu, madu juga memelihara kulit, menenangkan kulit kering, teriritasi, dan keriput.

Lebih dari itu, madu juga berfungsi sebagai antioksidan sehingga mampu menunda proses penuaan dan membuat Anda tampak lebih muda dan lebih bercahaya.

Anda bisa membuat masker madu anti penuaan dengan menggabungkan sesendok madu dengan susu murni atau yoghurt. Biarkan campuran untuk beristirahat di wajah Anda selama setidaknya 30 menit.

7. Pelembab bibir

Manfaat lain dari madu untuk kulit dan rambut adalah dapat digunakan sebagai pelembab bibir. Ini dapat digunakan untuk melembutkan bibir pecah-pecah dan kering, sama seperti dapat digunakan untuk melembabkan kulit Anda. Sifat menghidrasi madu, serta masuknya mineral, enzim, dan antioksidan, menjadikannya pelembab bibir yang ideal. Cukup oleskan madu mentah ke bibir Anda, tunggu beberapa menit, lalu bilas.

Madu mentah mungkin mengandung nutrisi yang tidak dimiliki madu biasa. Ini menunjukkan bahwa madu mentah dapat memberikan manfaat kecantikan tambahan atau lebih substansial.

Selain itu, madu mentah mungkin mengandung komponen lain, seperti bee pollen dan propolis, yang memiliki kualitas antioksidan dan antibakteri. Ini adalah zat lengket dan manis yang memiliki sifat penyembuhan alami. Ini adalah bahan perawatan kulit dan rambut yang sangat baik. Ini juga memiliki efek terbesar pada seluruh tubuh dan memberikan beberapa keuntungan kecantikan. Bagaimanapun, madu adalah yang terbaik untuk mempercantik kulit Anda.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS