Sukses

6 Tips Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat, Cobain!

Mungkin ada bintik-bintik gelap dari paparan sinar matahari atau yang disebut sebagai bintik matahari atau Lentigines.

Liputan6.com, Jakarta Bintik-bintik gelap atau Hiperpigmentasi akan terjadi karena berbagai alasan. Salah satunya karena paparan sinar matahari. Karena membuat tidak percaya diri, bintik hitam itu lebih baik dihilangkan. Bisa dengan perawatan alami atau ke dokter kulit.

Mungkin ada bintik-bintik gelap dari paparan sinar matahari atau yang disebut sebagai bintik matahari atau Lentigines. Ada pula bintik-bintik gelap dari kontrasepsi oral atau ketidakseimbangan hormon atau karena kehamilan yang disebut Melasma. Selain itu, sebetulnya masih ada banyak lagi jenis lainnya.

Yang perlu Anda tahu dan ingat, berbagai jenis bintik hitam memerlukan perawatan yang berbeda, kata Dokter Kulit Medis dan Estetika Poorva Shah. Oleh karena itu, sebelum upaya dilakukan untuk memudarkan bintik hitam atau hiperpigmentasi, diagnosis yang akurat sangat penting.

Jika Anda memiliki bintik hitam yang tertinggal dari jerawat atau disebut hiperpigmentasi pasca inflamasi atau PIH, maka inilah yang dapat dilakukan untuk membantu memudarkannya seperti melansir laman Pinkvilla, Senin (15/8/2022).

1. Gunakan tabir surya

Bintik-bintik gelap akan terus menjadi gelap bahkan dengan sedikit paparan sinar matahari setiap hari. Oleh karena itu, setidaknya untuk mencegahnya menjadi gelap, gunakanlah tabir surya. Bahkan itu menjadi keharusan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pelindung matahari tambahan seperti topi bertepi lebar atau payung.

2. Eksfoliasi

Pengelupasan adalah cara yang bagus untuk menciptakan kulit baru dan merata di bawah lapisan atas sel kulit mati. Tapi hati-hati dengan pengelupasan fisik terutama jika Anda memiliki pigmentasi. Sebab, hal itu bisa memperburuk pigmentasi.

Namun, pengelupasan kimia di sisi lain akan bekerja untuk mengangkat sel-sel mati dan juga menghilangkan lapisan berat melanin di atas pigmentasi. Asam glikolat, asam Azelat, asam laktat, dan retinol adalah bahan pengelupas kimia yang sangat baik dan tersedia dalam berbagai kekuatan, kombinasi, dan formulasi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Lain

3. Krim dan serum depigmentasi

Banyak agen depigmentasi hebat tersedia dalam bentuk krim dan serum. Ini memecah pigmen dan mencegah lebih banyak pembentukan melanin. Agen seperti Arbutin, asam kojic, ekstrak licorice dan niacinamide memecah pigmentasi selain juga memiliki tindakan tambahan individu yang berbeda.

4. Vitamin C

Terutama sebagai antioksidan, vitamin C bisa membantu mengurangi sintesis melanin yang berlebihan dengan membatasi kerusakan yang berkurang secara gratis, secara real time, ketika diterapkan pada kulit. Penggunaan vitamin C topikal dalam waktu lama dapat membantu memudarkan bintik hitam. Oral Vitamin C adalah cara lain untuk mencerahkan kulit dan bintik hitam.

5. Glutathione

Antioksidan kuat lainnya bila dikonsumsi secara oral mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada kulit dan karenanya memudarkan bintik hitam.

6. Perawatan professional

Terutama perawatan Q-switched Laser, itu cara terbaik, teraman dan tercepat untuk memudarkan bintik hitam. Laser adalah teknologi paling canggih yang tersedia saat ini yang dapat menghancurkan pigmentasi sepenuhnya tanpa merusak kulit di sekitar atau di atasnya.

Selain itu, juga bebas dari efek samping apa pun jika dilakukan oleh dokter kulit yang berkualifikasi menggunakan mesin yang disetujui FDA AS. Dengan cara ini, Anda dapat memudarkan bintik-bintik dengan cepat dan hampir sepenuhnya tanpa downtime, menjadikannya mode perawatan yang efisien dan canggih.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.