Sukses

Manfaat Minyak Jojoba Buat Kulit dan Rambut yang Belum Banyak Orang Tahu

Liputan6.com, Jakarta Ekstrak tumbuhan sudah lama dimanfaatkan dan bahkan digunakan sebagai obat tradisional. Bahkan menurut World Health Organization, saat ini sekitar 75 persen dunia masih mengandalkan pengobatan alami untuk berbagai kebutuhan kesehatan. Dalam hal ini, banyak obat-obatan modern yang berasal dari tumbuhan salah satunya minyak jojoba.

Melansir Forbes, Selasa (5/7/2022), ekstrak jojoba atau minyak jojoba berasal dari biji semak jojoba. Minyak membentuk sekitar 50 persen dari biji dan diekstraksi dengan pengepresan dingin, metode yang membantu minyak mempertahankan nilai gizinya, kata Kelly O'Hara, ahli gizi terdaftar di Lutheran Health Network.

Minyak jojoba terdiri dari hampir 98 persen lilin murni, serta hidrokarbon, sterol, dan vitamin dengan sedikit ester trigliserida. Zat lilin minyak jojoba setelah dioleskan ke permukaan kulit bisa menyebabkan sel-sel luar kulit membengkak dan menciptakan penghalang kelembaban, seperti sebum, jelas Kirk Aronstam, pemilik Oro de Sonora Pure Jojoba Family Farms di Brea, California.

Selain itu, minyak ini juga memiliki berbagai kegunaan lain, termasuk obat-obatan, seperti kosmetik, produk topikal dan transdermal, dan aplikasi industri seperti insektisida, pelumas dan bioenergi.

Manfaat

Manfaat minyak jojoba sangat luas, kata O'Hara, dari produksi kolagen hingga sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Yang membedakannya ester lilin, bukan minyak, membuatnya sangat stabil di rak.

“Ini melakukan pekerjaan yang baik untuk mengawetkan minyak dan digunakan sebagai pengawet dalam banyak formula,” kata Aronstam. “Terutama yang mengandung air. Jojoba adalah jawaban sederhana dan alami untuk menjaga penghalang kelembaban tetap utuh.”

Jojoba juga termasuk hypoallergenic dan noncomedogenic. Itu berarti ada risiko rendah reaksi alergi dan pori-pori tersumbat, tambah O'Hara. Belum lagi minyak ini menunjukkan sifat antiseptik dan antibakteri, dan mengandung Vitamin E.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat buat kulit

Ketika minyak jojoba diterapkan pada kulit, sinyal dikirim ke folikel rambut dan keringat yang memberi tahu mereka bahwa sebum tambahan — campuran lipid yang dibuat oleh kelenjar sebaceous yang membantu melembabkan dan melindungi kulit — tidak diperlukan. Ini membuat kulit tidak memproduksi minyak berlebih, menjaga pori-pori tetap bersih dan dapat membantu mencegah jerawat.

“Minyak jojoba bisa menjadi pilihan yang bagus dan alami untuk meningkatkan perawatan kulit dan rambut Anda,” kata O'Hara.

Jadi, seseorang yang memiliki kulit sensitif, kulit atau rambut kering, jerawat atau ketombe dapat memanfaatkan minyak jojoba dengan memasukkannya ke dalam rutinitas harian. Selain itu, individu yang hidup dengan penyakit kulit, seperti eksim, juga terbantu berkat minyak ini, tambahnya.

Dalam mengatasi eksim, minya jojoba bertindak sebagai metode hidrasi untuk orang-orang yang kelenjar sebaceousnya tidak memproduksi sebum secara normal, tambah Aronstam. Mengingat sifat kontrol airnya itu juga dapat meningkatkan kelembutan kulit secara keseluruhan dan berkontribusi pada peningkatan gerakan kulit, mencegah retakan atau robekan yang dapat berkembang di permukaan.

Secara tidak langsung, minyak ini juga ditemukan di berbagai produk kecantikan yang dijual bebas, seperti pelembab, minyak, kondisioner, dan bahkan lipstik.

Manfaat buat rambut

Selain kulit, minyak jojoba juga telah terbukti membantu mengondisikan rambut.. Selain itu, minyak ini dapat membantu meningkatkan kilau rambut juga, tambah O'Hara.

Bahkan beberapa produk sampo dan kondisioner ada yang juga menggunakan minyak jojoba. Mengingat beberapa khasiatnya dapat membantu membersihkan dan melembabkan rambut secara bersamaan. Ini juga telah dicatat untuk membantu membuat rambut lebih mudah diatur dan mengurangi minyak berlebih, berkat fitur seperti sebum.

 

 

3 dari 3 halaman

Penggunaan

“Minyak jojoba dapat dioleskan langsung ke kulit atau rambut sebagai bagian dari rutinitas pelembab harian Anda,” kata O'Hara. Cara tambahan menggunakan minyak jojoba untuk meningkatkan dan menjaga kualitas kulit meliputi:

a. Sebagai pembersih: Oleskan dua hingga tiga tetes minyak langsung ke tangan Anda setelah mencuci wajah. Pijat ke pori-pori lalu bersihkan dengan handuk hangat dan lembab.

b. Sebagai pengobatan jerawat: Oleskan setetes minyak jojoba ke area kulit dan biarkan menyerap, lalu lanjutkan dengan pelembab.

c. Sebagai pelembab alami: Oleskan ke kulit setelah mencuci muka dan biarkan menyerap. Kerjakan ke kulit dengan gerakan seperti pijatan melingkar yang lembut.

d. Sebagai penghapus riasan: Oleskan minyak jojoba ke handuk atau kapas dan gunakan untuk menghapus riasan dengan lembut. Ikuti dengan rutinitas pembersihan harian Anda.

Jika menggunakan minyak jojoba untuk manfaat rambut, mulailah dengan beberapa tetas minyak jojoba dan oleskan ke kepala dan memijatnya secara perlahan. Kehangatan yang tercipta dari gerakan pijatan membuka pori-pori dan meningkatkan aliran darah.

Untuk melembabkan, oleskan minyak ke ujung rambut. Setelah minyak cukup bekerja ke kulit kepala dan rambut, cuci dengan sampo.

Apakah minyak jojoba efektif digunakan?

Penelitian menunjukkan bahwa minyak jojoba efektif dalam meredakan atau mengobati kondisi kulit umum, seperti jerawat, psoriasis, dan kulit kering dengan sedikit atau tanpa efek samping, seperti gatal atau ruam. Karena menghasilkan minyak yang mirip dengan sebum alami, minyak ini dapat menyerap dengan mudah tanpa masalah.

Sementara itu, karena menyerap ke dalam kulit dengan cepat, minyak jojoba dapat digunakan lebih dari sekali sehari untuk kulit yang sangat kering, kata O'Hara. Jika mengatasi kulit yang sangat kering, dia merekomendasikan untuk mengoleskan minyak segera setelah mandi pada kulit yang lembab untuk hasil terbaik.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati