Sukses

5 Tips Atasi Stres Sebelum Hari Pernikahan Tiba

Liputan6.com, Jakarta Merayakan pesta pernikahan menjadi hal yang dinanti oleh sepasang kekasih ketika melepas masa lajang.

Entah pesta sederhana atau megah, tentu ada persiapan yang harus dilakukan sebelum hari H dan terkadang membuat stres.

Selain kelelahan, tidak sedikit calon pengantin yang tidak bisa tidur saat mendekati hari pernikahan tiba. Belum lagi rasa cemas karena memikirkan hal-hal yang harus dipersiapkan. Hal itulah yang terkadang bisa membuat calon pengantin merasa stres menjelang pernikahan.

Untuk mengantisipasi atau mengatasinya, berikut ini lima tips yang bisa dilakukan demi mengatasi rasa stres menjelang pernikahan seperti melansir Pinkvilla, Jumat (10/6/2022).

 

 

2 dari 3 halaman

1. Luangkan Waktu Istirahat

Bekerja terus menerus dan stres dengan berbagai hal adalah sesuatu yang dapat dengan mudah menciptakan ketegangan dan frustrasi. Jadi, sangat penting untuk merencanakan terlebih dahulu dan meluangkan waktu untuk istirahat dari perencanaan yang menegangkan sebelum hari pernikahan.

Pastikan Anda meluangkan waktu dalam kegiatan yang menenangkan, seperti mendengarkan musik atau memainkan permainan favorit demi mengalihkan pikiran sejenak.

2. Memanjakan diri sendiri

Tidak ada yang lebih baik daripada memanjakan diri di tengah kekacauan. Kunjungi layanan pijat, mandi air panas atau makan makanan buatan sendiri yang bergizi bisa menjadi pilihan untuk membuat suasana hati yang baik.

Luangkan waktu untuk diri sendiri dan nikmati beberapa aktivitas yang bisa meningkatkan suasana hati dan menenangkan pikiran. Entah memasak atau menghabiskan waktu bersama diri sendiri dengan menyeruput secangkir kopi untuk menenangkan pikiran Anda.

3. Tidur

Tidur dalam siklus yang baik dapat dengan mudah menghilangkan kekhawatiran sekaligus menambahkan cahaya ke kulit wajah Anda.

Tidur siang misalnya, merupakan salah satu cara termudah untuk melupakan segala sesuatu tentang ketegangan dan kekhawatiran Anda sambil meningkatkan suasana hati.

Pastikan kamar tidur tetap gelap dan minum segelas susu kunyit sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Meditasi atau Yoga

Selain itu, Anda juga dapat mengelola Stress dengan meditas atau yoga. Yoga setiap hari selama 30 menit diikuti dengan sesi meditasi semuanya baik untuk memfokuskan kembali dan mengatur ulang pikiran sekaligus menjernihkan pikiran. Bahkan cara ini pun bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan tingkat energi Anda.

Ini tidak hanya membantu kesehatan mental, tetapi juga membantu mengencangkan tubuh Anda. Cobalah untuk menjadikan ini bagian dari rutinitas harian Anda.

5. Gunakan Aromaterapi

Aromaterapi adalah perawatan penyembuhan holistik. Ini sering disebut sebagai penguat kesejahteraan secara keseluruhan karena meningkatkan kesehatan fisik dan emosional.

Mulai dari mengurangi stress hingga meningkatkan kualitas tidur. Aromaterapi bekerja dengan berbagai cara pada tubuh Anda.

Merencanakan pernikahan merupakan salah satu momen yang paling menyenangkan dalam hidup, tetapi terkadang memang bisa membuat stress karena persiapannya sehingga menyebabkan kegelisahan dan kecemasan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati