Sukses

Perawatan Wajah Es Batu: Cara Termurah dan Termudah Tenangkan dan Kencangkan Kulit di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Saat musim panas biasanya menjadi waktu ketika semua orang ingin mendinginkan diri, memoles wajah Anda dengan es sangat bermanfaat sepanjang tahun.

Perawatan Kulit dengan melakukan sendiri di rumah (Do it Yourself) tidak hanya mudah dan terjangkau, namun hasilnya juga dengan cara yang baik.

Mungkin seperti yang tahu dengan ada banyaknya orang membuat tutorial menggunakan es baru, es rol, bola es baru-baru ini dengan tagar #SkinTok, tetapi ritual ini telah digunakan di tempat Spa dan tempat klinik perawatan yang ada di sekitar kita, seperti cryotherapy, CoolSculpting, dan spider vein removal) dan telah menjadi andalan juga dalam budaya seperti di Korea Selatan selama beberapa tahun.

Apa yang membuat es menjadi perawatan kulit yang efektif adalah es dapat mengurangi peradangan, kemerahan, dan membantu mengencangkan kulit.

Mengutip dari Instyle, menurut Dr. Karan Lal, seorang dokter kulit bersertifikat di New Jersey, Icing telah populer selama beberapa dekade di banyak budaya untuk mengencangkan kulit, mengurangi kemerahan, dan mengurangi peradangan, yang berkontribusi pada pembengkakan wajah. Icing ini menjadi populen karena mudah, murah dan relatif aman.

Sebelumnya, Dr. Lal dan Morgan Rackley, ahli kecantikan berlisensi dan pendiri Luminous Skin Atlanta, menguraikan semua manfaat dari icing wajah Anda, ditambah cara yang tepat untuk melakukannya, yang telah dirangkum Liputan6.com dari Instyle, Rabu (1/6/2022).

Siapa yang Harus Mendinginkan Wajah Mereka?

Siapa pun dapat membekukan kulit mereka. Dr. Lal mengatakan perawatan ini aman untuk semua jenis dan warna kulit, tetapi perlu diingat bahwa penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan peradangan lemak (panniculitis) atau dispigmentasi pada kulit terutama pada orang yang memiliki skin tones yang berbeda-beda.

Anda dapat membuat es batu, es rol, cryo globes setiap hari, pastikan untuk tidak meninggalkannya di kulit Anda untuk waktu yang, dan jangan lupa untuk membersihkannya. Rackley merekomendasikan untuk membersihkannya dengan alkohol 70% setelah digunakan.

Apa Hasil dari Icing Kulit Anda?

Mengoleskan es pada wajah Anda memberikan hasil instan, meskipun hanya sementara. Namun, hal ini menjadikannya perawatan yang cepat dan mudah dilakukan sebelum menuju ke acara penting.

Penggunaan ice roller atau ice pack bekerja dengan cepat dan efektif untuk mengurangi pembengkakan, ukuran pori, dan kemerahan.

Namun, ini adalah efek sementara dari cold therapy. Kemerahan dan kelemahan kulit akan kembali saat kulit menyesuaikan kembali ke suhu normal. 

Apa Perbedaan Antara Menggunakan Es Batu, Ice Rollers, dan Cryo Globes?

Alat yang Anda gunakan untuk membekukan wajah sebagian besar tergantung pada preferensi pribadi, tetapi tidak ada terlalu banyak perbedaan dalam hasil yang mereka berikan.

Tidak ada perbedaan antara rol batu giok yang ditempatkan di kulkas atau rol es itu sendiri dalam hal efektivitas, tetapi rol es sering kali terbuat dari logam yang dapat menghantarkan dingin lebih baik daripada batu giok dan lebih cenderung menyebabkan efek samping dengan aplikasi yang berkepanjangan.

 

2 dari 2 halaman

Apa Metode Terbaik untuk Mengoles Ice Pada Wajah Anda?

Rackley menyarankan untuk memulai dengan kulit yang bersih dan terhidrasi. Kemudian, gunakan roller yang dingin di atas kulit mulai dari tengah wajah dan rolling ke sekeliling. Metode ini adalah momen lymphatic drainage yang hebat.

Produk Perawatan Kulit Apa yang Harus Anda Gunakan Setelah Memoles Wajah?

Setelah Anda menenangkan dan mendinginkan kulit dengan ice roller atau cryo globes yang dingin, Anda akan ingin melengkapinya dengan serum atau pelembab apa pun yang menghindari, menyembuhkan, atau menepuk-nepuk untuk memberi kulit bercahaya yang bagus.

Adapun produk apa yang harus dihindari, Dr. Lal memperingatkan agar tidak menggunakan asam apa pun setelah sesi icing karena pori-pori Anda akan tertutup dan dapat menyebabkan iritasi.

Jika Anda mengoleskan es pada wajah Anda di pagi hari, Anda dapat merias wajah sesudahnya. Padahal, perawatan tersebut bisa membuat riasan Anda terlihat lebih baik.

Ini adalah waktu yang tepat untuk menindaklanjuti dengan riasan Anda karena pori-pori Anda akan tampak lebih kecil dan kulit Anda akan terlihat dan terasa lebih kencang, sehingga riasan Anda akan terlihat lebih baik.

Perlu diingat bahwa perawatan wajah dengan icing ini menghasilkan hasil yang sementara. Ini bukan solusi untuk jangka panjang unyuk mengatasi masalah kulit dan mencari perawatam dari dokter kulit diperlukan untuk mengatasi masalah ini dengan cara yang lebih permanen.

 

Reporter: Farah Meilinda