Sukses

Rekomendasi Buku Bacaan Soal Atur Keuangan dari Ahlinya

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda bingung dalam mengatur keuangan pribadi, sebenarnya ada ribuan sumber daya online untuk belajar tentang keuangan pribadi.

Ini antara lain berasal dari sejumlah besar informasi keuangan, mulai dari kursus gratis yang ditawarkan perguruan tinggi dan platform pendidikan hingga influencer TikTok dan artikel tentang mengelola keuangan pribadi Anda yang sumbernya berasal dari pakar keuangan pribadi langsung.

Hal ini juga bisa membuat untuk mengidentifikasi sumber terbaik tentang penganggaran, tabungan dan investasi, tetapi lebih awal dalam kehidupan seseorang memulai pendidikan keuangan mereka, semakin baik peluang kekayaan dan kesuksesan.

Berikut adalah daftar bacaan atau buku yang direkomendasikan oleh pakar keuangan pribadi untuk meningkatkan keterampilan uang seseorang, yang dirangkum Liputan6.com dari CNBC, Kamis (12/5/2022).

Buku tentang Hubungan dan Uang

1. Broke Millennial, Karya Erin Lowry

Buku “Broke Millennial” oleh Erin Lowry adalah panduan langkah demi langkah yang menggambarkan cara mengevaluasi pemahaman dan hubungan Anda sendiri dengan uang.

Buku ini direkomendasikan oleh Anthony Chan, Direktur Pelaksana dan Kepala Ekonom di JPMorgan Chase.

Chan merekomendasikan buku Broke Millennial dan The Big Payoff, yang di mana keduanya berfokus pada hubungan pribadi dan keuangan.

2. The Big Payoff, Karya Sharon Epperson

Dalam buku “The Big Payoff”, Epperson memaparkan bagaimana pasangan dari segala usia dan semua tahapan dapat mewujudkan impian finansial mereka bersama. Buku tentang Pola Pikir Uang

3. The Psychology of Money, Karya Morgan Housel

Dalam buku “The Psychology of Money,” Housel membagikan 19 cerita singkat yang mengeksplorasi cara unik orang berpikir tentang uang mereka dan bagaimana mereka berperilaku dengannya.

Seorang anggota Dewan Penasihat CNBC, Lauryn Williams merekomendasikan buku “The Psychology of Money”, oleh Morgan Housel, Williams tahu bahwa pola pikir yang benar adalah dasar untuk berkinerja baik.

Williams adalah wanita Amerika pertama yang mendapatkan medali di Olimpiade Musim Panas dan Musim Dingin.

“Anda tahu, sebagai penggila olahraga, kita harus mengatur pikiran kita untuk membuat tubuh kita melakukan apa yang kita inginkan. Untuk mengatur keuangan kita dengan tepat, pertama-tama kita harus memperbaiki pola pikir kita. Jadi ‘The Psychology of Money’oleh Morgan Housel adalah buku yang bagus untuk dibaca,” katanya, seperti yang dikutip dari CNBC.

Buku tentang Benjamin Graham, Warren Buffett dan Nilai Investasi

 

2 dari 2 halaman

4. The Intelligent Investor, Karya Benjamin Graham

Seorang Investor Shark Tank dan penulis buku terlaris Daymond John, merekomendasikan “The Intelligent Investor” karya Benjamin Graham.

Graham adalah seorang mentor miliarder Warren Buffet, mengajarkan strategi kepada pembaca tentang cara menggunakan nilai investasi di pasar dengan sukses.

Value Investing adalah strategi untuk memilih saham yang diyakini investor diperdagangkan di bawah nilai intrinsiknya dan karena itu dianggap murah. Pada akhirnya, saham ini akan meningkat nilainya, dan investor akan mendapat untung.

Murid Benjamin Graham dan dua investor paling sukses yang pernah ada, surat tahunan Charlie Munger dan Warren Buffet kepada pemegang saham Berkshire Hathaway telah menjadi bacaan wajib bagi banyak investor.

Sejak 1977, Berkshire telah merilis surat kepada para pemegang saham di mana Buffett secara terbuka membahas investas, kesalahan yang telah dia buat, dan pandangan yang lebih luas tentang baik dan buruknya pasar saham dan Wall Street. Surat-surat ini semua dapat dibaca secara online.

5. The Dhandho Investor, Karya Mohnish Pabrai

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang value investing, penulis dan investor Phil Town akan merekomendasikan buku “The Dhandho Investor” Karya Mohnish Pabrai, sebuah buku yang memaparkan kerangka kerja value investing.

Buku Pabrai menceritakan kisah tentang bagaimana keluarga Patel dari India memiliki lebih dari 40% motel di AS, memperluas prinsip-prinsip investasi nilai.

6. The Education of a Value Investor, Karya Guy Spier

Pada tahun 2007, Pabrai dan Guy Spier menawar $650,000 dolar untuk kesempatan makan malam bersama Buffett. Ini ternyata menjadi tawar-menawar: pemenang tahun lalu membayar lebih dari $4 juta untuk kehormatan makan bersama Buffett

Setelah makan siang dengan Buffett, Spier menulis bukunya sendiri, “The Education of a Value Investor.” Memoar Spier jujur dan membawa pembaca dari sudut tergelap Wall Street ke panduan praktis tentang apa yang diperlukan untuk menjadi investor yang sukses.

Reporter: Farah Meilinda Putri