Sukses

Punya Rambut Berwarna? Ini 5 Tips Merawatnya Biar Tidak Pudar

Liputan6.com, Jakarta Setelah mengecat rambut, biasanya akan muncul permasalahan lain yang menyebalkan. Betul, warna pada rambut seringkali luntur akibat tidak mendapat perawatan dengan baik.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi karena Monica Kapoor membagikan tips merawat rambut berawarna tetap awet dan tidak luntur.

Melansir laman Timesnownews, Kamis (21/4/2022), berikut ini cara-caranya.

1. Gunakan produk bebas sulfat untuk mencuci rambut

Sulfat yang ada dalam produk rambut bertanggung jawab untuk menghasilkan busa saat dicampur dengan air. Secara tidak langsung, produk perawatan rambut itu bersifat deterjen dan menghilangkan minyak alami, hidrasi, dan kelembapan rambut.

Oleh karena itu, sulfat dapat menghilangkan lipid bebas yang ada di kutikula rambut. Setelah senyawa pelindung ini hilang, air dapat menembus dengan mudah. Pada akhirnya warna rambut akan menghilang lebih cepat. Karena itu, lebih baik beralih ke sampo dan kondisioner bebas sulfat dan aman warna untuk memperpanjang vitalitas warna rambut.

2. Menjaga rambut agar terhidrasi

Hilangnya kelembapan adalah salah satu efek setelah mewarnai rambut. Jadi, jagalah agar rambut tetap terhidrasi.

Akan tetapi, hanya keramas atau menggunakan kondisioner saja tidak akan cukup. Deep conditioning membantu rambut mempertahankan kelembapan, membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

 

2 dari 2 halaman

3. Hindari mencuci rambut dengan air panas

Air panas cenderung membuka kutikula yang dapat menyebabkan warna rambut lebih cepat memudar. Jadi, untuk mencuci rambut berwarna, mulailah dengan air hangat dan gunakan sampo agar lebih bersih dan kondisioner untuk menutrisi lebih dalam. Setelah pengkondisian selesai, bilas rambut dengan air dingin. Itu salah satu cara untuk menghidrasi.

Selain itu, mencuci rambut yang diwarnai dengan air panas dapat membuat warnanya memudar lebih cepat daripada biasanya. Ini menghilangkan minyak alami rambut dan sangat memudarkan warna. Jadi, sangat dianjurkan untuk menyesuaikan suhu air menjadi hangat atau dingin saat mencuci rambut.

4. Lindungi rambut dari panas

Rambut yang diwarnai lebih rentan terhadap kerusakan dan panas. Agar warna rambut tetap awet, sangat penting untuk mengurangi paparan panas dari pengering rambut, pelurus rambut, dan pengeriting rambut. Sebaliknya, gunakan semprotan pelindung panas yang baik untuk meminimalkan efek merusak dari panas pada rambut. Panas yang tinggi tidak baik untuk rambut yang diwarnai dan akan membuatnya kehilangan kelembapan.

5. Gunakan masker rambut yang mengandung protein untuk nutrisi ekstra

Coba gunakan masker rambut satu jam sebelum keramas untuk melembapkan rambut secara mendalam. Masker rambut yang mengandung protein sangat bagus karena akan membantu memperbaiki rambut rusak. Masker rambut bergizi bertindak sebagai kondisioner berdaya tinggi yang secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan rambut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati