Sukses

4 Cara Dukung Teman Saat Punya Masalah Kesehatan Mental

Terlepas dari waktu pemulihan dan konsultasi kepada para professional, orang yang kesehatan mentalnya sedang terganggu pun perlu dukungan dari orang sekitar.

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia pasti pernah mengalami kecemasan dan kekhawatiran saat menghadapi masalah hidup. Jika sering terjadi, hal itu dapat mengakibatkan sesuatu yang buruk terhadap kesehatan mental seseorang.

Orang-orang yang sedang mengalami masalah kesehatan mental tentu perlu mendapatkan dukungan, termasuk Anda atau teman dekat. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika Anda mengenal seseorang yang sedang menghadapi masalah kesehatan mental.

Terlepas dari waktu pemulihan dan konsultasi kepada para professional, orang yang kesehatan mentalnya sedang terganggu pun perlu dukungan dari orang sekitar.

Lebih lanjut, berikut ini beberapa cara untuk membantu dan mendukung seseorang yang sedang memiliki masalah kesehatan mental seperti melansir Pinkvilla, Minggu (3/4/2022).

1. Dengarkan

Memberikan kesempatan kepada seseorang untuk berbicara dan Anda bisa mendengarkan perasaannya bisa sangat bermanfaat. Pertimbangkan apa yang sedang dialami teman Anda dan bagaimana hal itu mempengaruhinya.

Bila teman Anda mungkin terlihat murung, mungkin Anda bisa membuka percakapan dengan pertanyaan, seperti "Apa yang terjadi?" atau "Sudah berapa lama Anda berurusan dengan ini?".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Membahas jalan keluarnya

Melatih kesadaran diri dapat membantu mendeteksi pola emosi di dalam diri, seperti situasi yang dapat meningkatkan gejala.

Jadi, coba diskusikan teknik untuk menghilangkan stres atau melakukan hal lain demi melupakan masalah meski dengan sebentar.

Entah dengan berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, dan cukup tidur. Semua itu dapat membantu menjaga kesehatan mental dan kebahagiaan.

3. Jangan membandingkan pengalaman mereka dengan orang lain

Setiap orang punya masalah dan gangguan kesehatan mental yang berbeda. Karena itu, sebagai bentuk dukungan, sebaiknya Anda hindari membanding-bandingkan pengalaman seseorang dengan teman Anda itu.

Sekalipun menurut Anda menyatakan hal-hal tersebut dapat membantu seseorang merasa tidak sendirian, terkadang hal itu justru bisa menyinggung.

4. Ketahui batasan 

Mendukung teman pun ada batasannya. Mengetahui batasan mungkin dapat membantu Anda terhindar dari tindakan yang berlebih. Tentukan apa saja keterbatasan yang Anda miliki.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini